Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Kebersamaan Untuk Ciptakan SDM Unggul

Senin, 1 Agustus 2022 14:21 WIB
Pembahasan Reuni SMAN 53, di Hafa Mountain Sentul, Sabtu (30/7). (Foto: Istimewa)
Pembahasan Reuni SMAN 53, di Hafa Mountain Sentul, Sabtu (30/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan merupakan hasil dari proses yang sungguh-sungguh. Dalam mencapai kehidupan yang lebih baik, dibutuhkan kerja sama yang efektif dan produktif. Seseorang akan maju dan sukses, berkat dukungan dari orang lain.

Demikian disampaikan Deputi Direktur Administrasi SEAMEO QITEP IN LANGUAGE Misbah Fikrianto. Misbah menekankan, diperlukan kebersamaan dan saling bekerja sama untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. "Hal teresebut merupakan langkah nyata untuk saling membantu," jelas Misbah.

Misbah lalu memaparkan lima tips untuk membangun kebersamaan demi menciptakan SDM unggul.

Baca juga : Tuntaskan Kemiskinan, Ganjar Siapkan SDM Unggul Melalui Pendidikan Gratis

Pertama, menjalin kerja sama dengan banyak pihak. "Setiap orang membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kerja sama tersebut saling melengkapi dan produktif," imbuhnya.

Kedua, memberikan yang peluang untuk saling maju. "Kita melihat banyak peluang, namun sulit menggapainya apabila dilakukan secara individu. Kebersamaan untuk menciptakan dan mengambil peluang sangat baik," lanjutnya.

Ketiga, berbagi pengalaman. "Dalam menjalani kehidupan, kita memiliki berbagai dinamika yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menjadi kekayakaan sekaligus tantangan yang baik untuk mendukung SDM unggul," ucapnya.

Baca juga : Muhaimin Usul 20 Persen APBN Untuk Tingkatkan Potensi Milenial

Keempat, belajar satu sama lain. "Kita harus menjadi manusia yang belajar sepanjang hayat. Pada kondisi apa pun, selalu ada hikmah untuk pembelajaran yang baik," terangnya.

Kelima, sukses bersama. "Kita harus memiliki prinsip untuk sukses bersama. Jangan berpikir kesuksesan hanya miliki individu, tetapi bagaimana secara kolektif kita sukses dan maju bersama," tegasnya.

Tips tersebut, lanjutnya, penting untuk dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. "Kita harus yakin, sesama manusia saling membutuhkan dan melengkapi. Kondisi tersebut selalu menjadi pembahasan dalam membekali generasi muda," ucapnya.

Baca juga : Mandat Mega Ke Puan, Pengamat: Pesan Untuk Persiapkan Diri Di Pilpres 2024

Misbah lalu memberikan contoh pada kepanitiaan kegiatan Reuni SMAN 53, Jakarta Timur. Dia menegaskan, semua harus saling mendukung, menghargai, dan semangat kebersamaan.

Pembahasan Reuni SMAN 53 tersebut dilakukan di Hafa Mountain Sentul, Sabtu (30/7). Setiap kegiatan terdapat kepanitiaan. Semua anggota panitia harus saling menjalankan fungsi dan tugas sesuai dengan peran kita masing-masing.

"Besar harapannya, dengan tips kebersamaan tersebut, acara Reuni SMAN 53 Angkatan 2000, yang akan dilakusanakan pada 6 Agustus 2022 berjalan dengan lancar," tutup Ketua Panitia Reuni SMAN 53 Angkatan 2000 ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.