Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HMI Karawang Dorong Partisipasi Politik Masyarakat

Selasa, 2 Agustus 2022 16:00 WIB
Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang, Fadel Iqbal Fauzi. (Foto: Istimewa)
Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang, Fadel Iqbal Fauzi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang, Fadel Iqbal Fauzi mendorong masyarakat agar terus meningkatkan partisipasi politik menjelang Pemilu 2024.

"Partisipasi masyarakat dalam politik sangat berarti bagi tumbuh kembangnya sebuah demokrasi yang berkedaulatan rakyat," ungkap Fadel dalam diskusi pemuda menyongsong Pemilu 2024 yang digelar di Mahalona Coffee, Karawang pada Selasa (2/8).

Ia juga meminta, masyarakat agar tidak lengah dalam mengawal jalannya demokrasi. Disebutkan, tanpa pengawalan yang sungguh-sungguh dari masyarakat, demokrasi hanya akan menjadi alat promosi dan legitimasi elite.

Baca juga : Presiden Minta Jajaran Pastikan Masyarakat Paham Soal RKUHP

"Benar bahwa demokrasi memfasilitasi masyarakat dalam menyalurkan keinginan dan aneka kebutuhan publik lainnya. Namun, itu semua hanya akan berjalan baik kalau diiringi dengan kontrol publik yang baik," papar pria murah senyum itu.

Fadel mengatakan, gelombang partisipasi masyarakat dalam momentum Pemilu memang mengalami pembaikan dari waktu ke waktu.

Kendati begitu, kata dia, partisipasi tersebut tidak sejalan-senafas dengan semangat kesadaran dan kekritisan masyarakat dalam menentukan arah politik bangsa.

Baca juga : Sumut Ganjar Fest 2022, Ajang Eratkan Sosok Presiden 2024 ke Masyarakat

"Sehingga yang terjadi justru masyarakat dieksploitasi suara dan keterlibatannya dalam elektoral. Ini yang tidak kita kehendaki sebetulnya," ucap Fadel.

Ia lalu mengajak masyarakat agar sembari proaktif terhadap politik juga mampu mengaktivasi kesadaran kritisnya.

"Dengan begitu tercipta apa yang kita sebut sebagai partisipasi sadar dan kritis," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.