Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BPIP Apresiasi KASAD Jaga Ketahanan Pangan

Minggu, 14 Agustus 2022 10:20 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi memanen jagung. (Foto: Ist)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi memanen jagung. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya mengatasi krisis pangan dan menjaga ketahanan pangan, TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektar di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Pada Jumat (12/8), jagung sudah panen dan dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Turut menyaksikan warga setempat dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

"Sesuai dengan perintah saya, tentu dilatarbelakangi perintah Presiden, bahwa Covid-19 berdampak pada ekonomi. Pesan dari beliau, membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat," buka Dudung, usai panen.

Baca juga : Majalah SWA Beri Apresiasi Tim Sales Dan Marketing Terbaik Tahun 2022

"Untuk mengantisipasi krisis pangan, maka saya menanfaatkan lahan ini untuk menanam jagung, gandum, padi dan sebagainya," imbuhnya. 

Menurut Kasad, hasil panen jagung itu akan diberikan kepada masyarakat setelah dipotong biaya operasional. 

"Khususnya di Ciemas ini diperkirakan kalau 30 juta per ton, ini nanti kalau 1 hektar itu 20 juta. Di lahan ini diperkirakan akan terjadi perputaran uang Rp 30 miliar, sehingga masyarakat desa ini akan sejahtera," terangnya. 

Baca juga : Sandiaga Uno Kejutkan Sanggar Seni Di Babel

Tak hanya itu, TNI AD juga mencanangkan TNI Manunggal Air dengan menggunakan pompa hidran yang dapat dipakai oleh masyarakat. 

"Tersebar di seluruh Indonesia, yang sudah kita tanam (pompa hidran) 600 lebih. Sehingga masyarakat yang tadinya harus menanggung air dari jauh, saat ini sudah sampai di rumah," jelas Dudung. 

Selain membantu ketersediaan air bersih, program TNI Manunggal Air juga membantu sektor pertanian. 

Baca juga : Kemendikbud Apresiasi Liugong Kembangkan Pendidikan Vokasi Di Indonesia

"Air ini merupakan kebutuhan utama, berdampak kepada pertanian, sehingga tumbuh perekonomian di masing-masing masyarakat," ucap Dudung. 

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengapresiasi langkah Kasad dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Hal ini merupakan salah satu wujud pembumian nilai-nilai Pancasila yang dirasakan oleh masyarakat. 

"Langkah yang dilakukan oleh KASAD sudah sangat tepat. Juga Kampung Pancasila yang ada di setiap kota nantinya akan diwujudkan agar pembumian Pancasila bisa dirasakan masyarakat secara menyeluruh," tutur Yudian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.