Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berhasil Bikin Kota Ramah Anak Muda

Milenial IM Anies Deklarasi Gubernur DKI Capres 2024

Minggu, 14 Agustus 2022 16:55 WIB
Indonesian Millenial For Anies Baswedan (IM) mendeklarasikan diri mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Calon Presiden (Capres) di Hotel Sleeppz Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (14/8). (Foto: Istimewa)
Indonesian Millenial For Anies Baswedan (IM) mendeklarasikan diri mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Calon Presiden (Capres) di Hotel Sleeppz Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (14/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan anak muda yang tergabung dalam Indonesian Millenial For Anies Baswedan (IM) mendeklarasikan diri mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Calon Presiden (Capres), Minggu (14/8).

Dewan Pembina Relawan IM Anies KH. Syarief Hidayatulloh yakin Anies akan dilirik anak muda.

"Saya sudah keliling. Sambutannya luar biasa kepada Anies Baswedan. Sampai ke daerah terpencil, di sana sudah mendengar Anies. Anak-anak muda demen sama Anies," kata Syarief saat deklarasi Indonesian Millenial For Anies Baswedan (IM) yang juga diisi dengan diskusi, Minggu (14/8).

Anies, kata Syarief, sangat bersih dan integritasnya sudah teruji. Kiprah dan hasil karyanya sudah tak terhitung. Dari mulai membenahi tranportasi, hingga penyediaan ruang publik bagi anak muda.

Baca juga : 1.500 Perwakilan Desa Kabupaten Langkat Deklarasikan Ganjar Pranowo Presiden 2024

"Mudah-mudahan Anies husnul khatimah menuntaskan kinerja hingga Oktober. Kami berkomitmen dan terlibat aktif untuk mendukung dan mengantarkan Bapak Anies Rasyid Baswedan menjadi Presiden 2024-2029," ungkap Ketua Umum Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) ini.

Ketua IM Anies Oemar Hegaro menyatakan, nama millenial diambil sebagai nama organisasinya karena peranan milennial dan generasi Z pada pemilu 2024 mendominasi hingga 60 persen sebagai pemilih.

Baginya, Anies sudah berhasil menata Ibu Kota dengan berbagai programnya. Terutama untuk anak-anak muda. Dari mulai menyediakan transportasi murah, tata kota yang menawan, penyediaan ruang perjumpaan dan interaksi, dan kota yang ramah bagi anak muda. Bahkan, sempat viral dengan ruang publik Citayam Fashion Week di Dukuh Atas.

Lewat berbagai fasilitas publik, Anies berhasil menciptakan ruang antar kelas urban dan suburban, kalangan sosialita, anak Jaksel dan anak muda dari berbagai pinggir kota dapat, membaur menjadi satu dalam ruang perjumpaan yang ramah.

Baca juga : Relawan Jatim Rame-rame Sosialisasi Puan Maharani Capres 2024

"Rasanya tak berlebihan jika menyebut Gubernur DKI memiliki peran dalam mewujudkan janji kampanye di masa pilkada 2017 yakni maju kotanya, bahagia warganya," tuturnya.

Oemar Hegaro berharap, setelah Anies menjadi Presiden, dia ingin penerusnya tak merusak pondasi tersedianya ruang interaksi antarkelas, antargolongan, dan keakraban nasional ini.

Mengenai Relawan IM Anies, rencananya, akan ada banyak program untuk anak muda yang akan dibikin. Dari mulai diskusi, pelatihan rutin, dan sosialisasi literasi yang produktif bagi kaum millenial.

"Di Jakarta, kami anggotanya 5.000. Nanti akan ada deklarasi di 34 Provinsi beruntun. Tak berhenti di deklarasi, banyak yang akan kami lakukan. Diskusi publik memberi literasi narasi yang menghindari pecah belah. Bagi-bagi sembako, bersama jaringan pengusaha buka job fair, dan kegiatan kreatif untuk anak muda lainnya," tambahnya.

Baca juga : Milenial Dan Aktivis Kalbar Berkolaborasi Sosialisasikan Ganjar Presiden 2024

Ditambahkan, soal tudingan Anies radikal dan mewakili kelompok garis keras, secara perlahan sudah dibantah oleh Anies dengan kebijakan bersifat inklusif di DKI Jakarta.

"Perijinan gereja mudah. Pak Anies datang ke kegiatan semua agama. Tudingan itu sudah mulai luntur dan tak relevan. Beliau sangat inklusif, baik pribadinya maupun kebijakannya," pungkasnya.

Laurel Heydir, Pengamat Kepemudaan yang hadir dalam deklarasi ini juga berpendapat, anak muda butuh ruang eksistensi. Ibu Kota dengan pemimpinnya, Anies Baswedan, telah berhasil menciptakan ruang tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.