Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Jatim Rame-rame Sosialisasi Puan Maharani Capres 2024

Kamis, 28 Juli 2022 17:05 WIB
Relawan Puan Maharani di Jawa Timur/Ist
Relawan Puan Maharani di Jawa Timur/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan orang di enam kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) mendeklarasikan diri sebagai Relawan Puan Maharani. Mereka mendukung cucu Proklamator Soekarno itu sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Koordinator Relawan Puan Maharani Jawa Timur Chusnul Wafiq mengatakan, deklarasi Relawan Puan Maharani ini ajang konsolidasi di daerah, saat ini menyasar wilayah tapal kuda. 

“Saat ini sudah terbentuk relawan di Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan Jember. Hingga Agustus, kami akan deklarasi dan konsolidasi lengkap di 10 dapil seluruh Jatim," ujarnya, Kamis (28/7).

Baca juga : Survei Bukan Patokan, PDIP Tetap Siapkan Puan Maharani Untuk Pemilu 2024

Chusnul mengatakan, para relawan ini bergerak untuk mensosialisasikan Puan Maharani kepada masyarakat sebagai Capres 2024

Sebab, masyarakat di Jatim banyak yang belum tahu, Puan Maharani itu tokoh yang layak, baik dari segi prestasi maupun trah revolusioner Soekarno.

Banyak informasi keliru soal Puan. Menurutnya, Puan ini korban politik gender. Padahal jika ditelusuri, banyak kebaikan yang dirasakan masyarakat hasil kerja Puan.

Baca juga : Prabowo Bakal Jawab Desakan Maju Capres 2024 Di Rapimnas

“Misal, bantuan sosial, kartu Indonesia pintar, kartu Indonesia sehat, semua itu dari tangan dan pikiran Puan," katanya.

Menanggapi maraknya deklarasi relawan Puan Maharani, pengamat politik Catur Nugroho mengatakan, deklarasi yang dilakukan relawan nonkader Parpol punya pengaruh berbeda, terlebih jika melibatkan masyarakat secara langsung. 

“Dimungkinkan itu simpatisan organik, memang sejak awal dilakukan karena faktor kesukaan pada Puan Maharani," katanya.

Baca juga : Tersangka KPK Rame-rame Ajukan Gugatan Praperadilan

Catur menilai, Puan berhasil mempromosikan dirinya di tengah masyarakat, sehingga maraknya deklarasi menjadi bukti Puan mulai masuk dalam pembicaraan publik. 

“Ini bukti keberhasilan Puan setelah terjun langsung ke masyarakat," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.