Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bela Mbak Alfamart Korban Intimidasi

Hotman Paris Siap Hadapi Bos Hape Maling Cokelat

Senin, 15 Agustus 2022 14:16 WIB
Pengutil bernama Mariana meminta karyawan Alfamart Amelia untuk meminta maaf karena telah menyebarkan video dirinya. (Twitter)
Pengutil bernama Mariana meminta karyawan Alfamart Amelia untuk meminta maaf karena telah menyebarkan video dirinya. (Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus ibu-ibu bermobil Mercy kepergok karyawan Alfamart mencuri coklat berbuntut panjang. Usai videonya viral, si ibu membawa pengacara dan menyuruh karyawan Alfamart meminta maaf sambil direkam.

Rekaman video tersebut diunggah @zoelfick. “Ini kelewatan. Orang yang ketahuan ngutil malah berbalik menekan karyawan Alfamart hanya krn mampu menyewa pengacara. Alih-alih dia yang minta maaf, malah mbak Alfamart yang harus minta maaf,” tulis @zoelfick dalam keterangan video tersebut.

Video ini pun viral dan menuai protes warganet. Bahkan banyak di antara mereka yang langsung men-tag akun Twitter pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Hotman yang tengah berada di Bali kemudian merespon kejadian ini. Hotman mengaku mendapat banyak DM (direct message) dari warganet.

“Halo pegawai Alfamart, kamu hubungi saya, jangan takut. DM saya segera, saya siap membela kamu secara gratis,” kata dia dalam video yang diunggahnya di akun Instagram

@hotmanparisofficial, Senin (15/8) subuh.

Berita Terkait : Bandara Curug Disulap Jadi Bengkel Pesawat

“Jangan minta maaf kalau kau tidak merasa salah, lawan! Ya, Alfamart, lawan!” ujarnya.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin membenarkan, kejadian pegawai Alfamart disuruh meminta maaf.

"Terkait dengan pemberitaan seorang karyawan Alfamart yang diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar," kata Solihin dalam keterangannya, Senin (15/8).

Solihin mengatakan, kejadian itu terjadi di Alfamart Sampora, Kampung Sampora RT 04, RW 02, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan, pada Sabtu (13/8) pukul 10.30 WIB.

"Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar. Setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya,” jelasnya.

Berita Terkait : Ketua HMI Garut Ingatkan Partai Soal Aspirasi Rakyat

Dari investigasi, menurut dia, karyawan menemukan produk lain yang diambil selain cokelat. Alfamart, kata Solihin, sangat menyayangkan adanya tindakan lanjutan sepihak dari konsumen dengan membawa pengacara yang membuat karyawan Alfamart tertekan.

“Saya mewakili manajemen Alfamart menyatakan dan menegaskan bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung karyawan kami yang berdasarkan investigasi awal menjalankan tugasnya sesuai prosedur,” ujarnya.

Alfamart, ditegaskan Solihin, menolak tindakan intimidasi terhadap karyawan yang telah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik. “Alfamart telah menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum kami,” jelasnya.

Solihin berharap, kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak agar menghormati hak setiap warga negara di mata hukum.

Sebelumnya, video karyawan Alfamart disuruh meminta maaf viral. Video ini merupakan sekuel dari video pertama yang sebelumnya juga viral. Dari video pertama terlihat, terlihat ibu-ibu mengendarai mobil Mercedes-Benz dinarasikan mencuri coklat.

Berita Terkait : BP Jamsostek Siapkan Rp 1,06 Miliar

Aksi ibu itu dipergoki oleh sejumlah karyawan minimarket yang mengejarnya hingga parkiran mobil. Ibu-ibu yang sudah di dalam itu mengakui mengambil coklat batangan. Dia mengeluarkan coklat itu dari dan memberikannya kepada pegawai minimarket. "Kenapa ibu nggak jujur? Nggak mau bayar dulu," teriak perekam.

Ibu-ibu itu lalu keluar mobil. Lalu, ia masuk ke dalam minimarket.

"Gimana sih ngambil coklat, saya lihat bu," lanjut si perekam.

Kemudian, pada video lainnya, tampak seorang pegawai Alfamart memberikan klarifikasi dan meminta maaf. Pegawai Alfamart itu berdiri diapit ibu-ibu yang kepergok tak membayar coklat itu dan pengacaranya.

Hingga Senin (15/8) siang, tagar yang merujuk kasus ini menjadi trending di Twitter. Seperti, #Alfamart 144 ribu tweet, #Hotman Paris 9.825 tweet, #UU ITE 31,7 ribu tweet, #Mariana 27,7 ribu tweet, #Klepto 10,2 ribu tweet. Bahkan Indomaret, toko saingan Alfamart pun ikut dikaitkan, #Indomaret mendapat 2.626 tweet. ■