Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilpres 2024, Indonesia Perlu Restorasi Semangat Kepemimpinan

Rabu, 17 Agustus 2022 14:15 WIB
Sudirman Said. (Foto: M. Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Sudirman Said. (Foto: M. Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said menilai Indonesia butuh restorasi spirit kepemimpinan. Dia berharap calon pemimpin Indonesia ke depan harus merangkum semua kebaikan dari tujuh presiden sebelumnya.

"Apakah kita bisa merangkai semua kebaikan-kebaikan yang sudah ditorehkan (oleh tujuh Presiden RI) menjadi bekal bagi pemimpin ke depan, artinya apa, restorasi kepemimpinan," kaya Sudirman kepada wartawan, di kawasan menteng, Rabu (17/8).

Baca juga : Lestari: Perlu Kolaborasi Hadapi Tantangan Krisis Global

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mengatakan perlu adanya satu revitalisasi kepemimpinan yang dapat menghidupkan kembali semangat kemerdekaan.

"Supaya jalannya ke depan itu bukan semata-samata mengejar badan, ngejar fisik, ngejar capaian-cqpaian ekonomi yang sifatnya kuantitatif," tuturnya. 

Baca juga : Tim Indonesia Berhasil Sabet 8 Medali Dalam IOI Ke-34

Sudirman berharap proses politik ke depan dijadikan sebagai arena perlombaan kebaikan. Dia menilai pemimpin Indonesia yang akan datang tidak perlu saling berlomba melakukan perbedaan dari pemimpin sebelumnya.

"Kita lihat Pak Habibie baiknya banyak, Ibu Mega banyak, Pak Jokowi juga banyak, coba kita rangkai yang baik-baik," kata dia.

Baca juga : Keren! Indonesia Bisa Jadi Pusat Industri Panas Bumi Skala Global

"Makanya tadi saya menyebutnya restorasi spirit kepemimpinan, bahwa ini yang sedang diurus itu bangsa bukan RT bukan Rumah Tangga yang senaknya bisa muter-muter haluan negara," tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.