Dark/Light Mode

Pilpres 2024, Indonesia Perlu Restorasi Semangat Kepemimpinan

Rabu, 17 Agustus 2022 14:15 WIB
Sudirman Said. (Foto: M. Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Sudirman Said. (Foto: M. Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Selain itu, Sudirman Said juga menyinggung soal politik identitas. Menurutnya, agenda politik tidak bisa terpisahkan dari identitas. Sebab masing-masing partai politik mempunyai identitas.

Namun, dia tak menginginkan identitas seperti suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) menjadi bahan untuk menjatuhkan lawan.

Baca juga : Lestari: Perlu Kolaborasi Hadapi Tantangan Krisis Global

"Jadi politik ya memang identitas, tapi kalau politik identitas dipertimbangkan dengan sederhana, ingin menghajar satu kelompok, itu salah," tegas Sudirman.

Dia menegaskan, permasalahan utama yang dihadapi bangsa Indonesia bukan soal identitas. Namun, soal keadilan dan penegakan hukum. "Keadilan sosial belum tercapai, hukum belum tegak, korupsi masih berantakan," ungkap Sudirman.

Baca juga : Tim Indonesia Berhasil Sabet 8 Medali Dalam IOI Ke-34

Oleh karena itu, Sudirman berharap masyarakat dapat menyuarakan permasalahan bangsa seperti ketidakadilan, kesenjangan dan persoalan hukum.

Jika hal ini terus disuarakan, maka persoalan itu akan membaik. "Itu tali-temali yang mengancam negara, jika terus disuarakan akan makin membaik," tandas Sudirman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.