Dark/Light Mode

HUT RI Ke-77, 19 Eks Napiter Di Sulteng Ikrar Setia NKRI

Rabu, 17 Agustus 2022 16:29 WIB
Para eks Napiter di Sulawesi Tengah saat mengikuti upacara HUT RI Ke-77. (Foto: Antara)
Para eks Napiter di Sulawesi Tengah saat mengikuti upacara HUT RI Ke-77. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 19 orang eks narapidana terorisme (napiter) di Sulawesi Tengah menyatakan ikrar setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada upacara HUT Republik Indonesia ke-77 di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Palu, Rabu (17/8).

"Mereka ikut upacara HUT RI ke-77, dimana 19 orang eks napiter tersebut berasal dari Kota Palu, Kabupaten Poso dan Sigi," ujar Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto dalam keterangannya seperti dilansir ANTARA, Rabu (17/8).

Baca juga : Sambut HUT RI ke-77, NasDem Bandung Gelar Istighosah dan Doa Bersama

Didik mengatakan 19 orang eks napiter tersebut merupakan mantan anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang telah mengikuti program deradikalisasi.

Polda Sulteng berharap deklarasi janji setia kepada NKRI yang diikrarkan oleh eks napiter tersebut bisa menjadi contoh kepada masyarakat yang masih terpapar paham radikal agar kembali ke pangkuan NKRI.

Baca juga : Meriahkan HUT RI Ke-77, Komunitas Dutago Gelar Aksi Gowes 77 Km

"Tidak ada kata terlambat dan mari bersama-sama membangun daerah Sulawesi Tengah ini menjadi lebih baik lagi," ujar Didik.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Budi Argap Situngkir menambahkan belasan eks napiter tersebut, juga berperan melawan paham-param radikal yang masih berpotensi mempengaruhi masyarakat.

Baca juga : Kado HUT RI Ke 77, Ratusan Tokoh Nasional Dapat Tanda Kehormatan

"Butuh apresiasi dan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah untuk teman-teman yang sudah kembali mencintai NKRI," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.