Dark/Light Mode

Lulus S2, Perwira Kopassus Ini Terjun Payung Sambil Kibarkan Bendera Unas

Selasa, 23 Agustus 2022 13:25 WIB
Aksi Kolonel Infanteri RM Iskandarmanto terjun payung sambil mengibarkan bendera Unas. (Foto: Istimewa)
Aksi Kolonel Infanteri RM Iskandarmanto terjun payung sambil mengibarkan bendera Unas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kolonel Infanteri RM Iskandarmanto (46 tahun) dengan gagah berani melakukan selebrasi terjun payung sambil membawa bendera bertuliskan Universitas Nasional Pionir Perubahan. Aksi perwira menengah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu dilakukan setelah ia dinyatakan lulus dalam sidang ujian tesis sebagai Magister Manajemen (MM) di Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (Unas), pekan lalu.

“Saya sangat bangga dan menyenangkan bisa menempuh pendidikan strata dua di kampus Menara Unas di Ragunan. Kuliah di masa pandemi Covid-19 dan di tengah kesibukan saya sebagai prajurit Angkatan Darat,” kata Iskandarmanto, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (23/8).

Ia melakukan aksi terjun payung dengan melompat dari helikopter, penuh antusias dan semangat tinggi. Sekaligus menunjukkan keberanian sebagai pasukan komando dan kebanggaannya mengibarkan bendera almamater Unas di langit.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1999 itu sebelumnya menyandang gelar Sarjana Ekonomi (SE). Ia tercatat menjadi mahasiswa S2 Manajemen tahun masuk 2020. Kini ia berhak menyandang gelar MM di belakang namanya setelah dinyatakan lulus sidang tesis oleh penguji pada 19 Agustus 2022. Ia akan diwisuda pada November 2022.

Baca juga : Kejagung Siap Gelar Sidang In Absentia...

Senang dan Bangga

Iskandarmanto mengaku senang bisa sekolah di Pascasarjana Unas yang memiliki fasilitas kampus modern dengan gedung menggunakan lift, perpustakaan siber, auditorium modern, dosen berkualitas, dan disiplin belajar mengajar yang ketat. Unas juga merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta, yang berdiri tahun 1949.

Pria kelahiran Kendal, Jawa Tengah, tahun 1976 itu juga senang dengan teman-teman kuliah dari berbagai kalangan. “Saya punya teman-teman kuliah di Unas dari berbagai kalangan dan profesi. Misalnya karyawan PLN, Mahkamah Agung, BPK, dan lain-lain,” ujar Iskandar.

Perwira melati tiga itu merasa bangga, karena Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, beberapa kali melakukan kerja sama dengan Unas. Antara lain membuka acara Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) bagi mahasiswa baru Unas pada September 2020, saat masih sebagai Panglima Kodam Jaya. Lalu, pelatihan disiplin mahasiswa Unas di Rindam Jaya.

Baca juga : Seni Lukis Anak Bertalenta Khusus Bikin Pesonas Semarang Semakin Berwarna

Selain itu, memberikan orasi ilmiah wisuda Unas pada November 2021, saat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD. Termasuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unas yang berprestasi dan terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Rektor Unas El Amry Bermawi Putera memberi apresiasi atas yang dilakukan alumninya Kolonel Iskandarmanto. “Saya sangat bangga dengan aksi yang dilakukan alumni Magister Manajemen lulusan Unas ini. Sesuatu aksi yang keren dan belum pernah terjadi bendera Unas dikibarkan dengan keberanian tinggi di langit angkasa,” jelas El Amry.

Rasa bangga terhadap almamater, lanjut Amry, memang bisa ditunjukkan dengan banyak cara oleh setiap alumni. Namun, yang dilakukan Kolonel Iskandar merupakan hal unik. Hanya orang yang terlatih dan memiliki kemampuan tertentu yang mampu dan bisa melakukan ini.

Sebulan lalu, Iskandarmanto baru saja menyerahkan jabatan Komandan Grup-3 Kopassus di Cijantung, Jakarta. Kini ia sedang melanjutkan pendidikan tertinggi di TNI, yakni sebagai perwira siswa Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Bandung, Jawa Barat. Pendidikan ini dikenal sebagai sekolah calon jenderal (perwira tinggi) TNI.

Baca juga : Kisah 41 Penerjun Kibarkan Bendera Di HUT Bhayangkara

Sebelumnya, ia pernah menjadi Asisten Intelijen Kopassus, Komandan Kodim di Ternate, Komandan Kodim Depok, serta Komandan Komando Pendidikan Latihan Tempur Kodam Jaya. Iskandar juga pernah menjadi Komandan Batalyon 12 Grup 1 Kopassus.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.