Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tjahjo Kumolo Wafat, Mega Instruksikan Kader Kibarkan Bendera PDIP Setengah Tiang

Jumat, 1 Juli 2022 14:19 WIB
Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)
Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kader, anggota, dan simpatisan partai untuk memberikan penghormatan terbaik pada almarhum Tjahjo Kumolo.

"Dengan mengibarkan Bendera PDI Perjuangan setengah tiang di kantor-kantor partai," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, dalam siaran pers, Jumat (1/7).

Selain itu, PDIP akan memberikan penghormatan dengan protokol partai. Hasto mengungkapkan, Mega dan seluruh keluarga besar PDIP merasakan duka cita yang mendalam atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

Baca juga : Jenazah Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan Di TMP Kalibata

"Beliau salah satu kader terbaik partai. Mas Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan," tutur Hasto, yang tengah berada di Yogyakarta.

Tjahjo, lanjutnya, juga pantas disebut sebagai sosok yang legendaris. Sebab, dia pernah menjadi anggota DPR RI selama enam periode, lalu menjadi Sekjen PDIP pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN RB.

Selain itu, Tjahjo juga disebut Hasto merupakan sosok yang setia mendampingi Mega. Hasto mengaku belajar banyak dari Tjahjo Kumolo. 

Baca juga : Partai BJP Instruksikan Kadernya Jaga Cangkem

"Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan," kenangnya.

Hasto pun memastikan, seluruh keluarga besar PDIP memberikan penghormatan terbaik dengan mendoakan almarhum agar dilancarkan jalannya menghadap Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Penyayang, dan husnul khotimah.

"Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan," tandas Hasto.

Baca juga : Mendes PDTT Instruksikan Jajarannya Kerja Cerdas Dan Jaga Performa

Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, pukul 11.10 WIB. Politisi PDIP itu meninggal setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sejak Juni 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.