Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Rakernas NasDem Belum Final

Permainan Masih Panjang Kesempatan Anies Besar

Rabu, 24 Agustus 2022 08:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga nama calon presiden (capres) yang digodok saat Rapat Kerja Nasional Partai Nasional Demokrat (Rakernas NasDem) Juni lalu, ternyata belum final. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, masih berpeluang berubah atau dianulir.

NasDem bakal menggelar Rakernas ulang jika koalisi dan dinamika politik berubah. Apa tanggapan relawan?

Ketua Umum Indonesian Millenial For Anies Baswedan (IM) Oemar Hegaro tak terlalu kaget mendengar kabar ini. Sebab, dinamika politik bisa berubah, karena saat ini masih sangat cair.

Baca juga : Masyarakat Perlu Terus Diedukasi Bahaya Kesehatan Akibat BPA

Meski Anies belum final didukung poros manapun, namun, para relawannya pantang surut memperjuangkan Anies.

“Prinsipnya, kami tetap akan galang kekuatan. Kesempatan Pak Anies masih besar, permainan masih panjang dan belum berakhir,” kata Oemar kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diakuinya, salah satu peluang yang paling besar dan mungkin, Anies digandeng NasDem. Namun, dia yakin, dengan berbagai track record dan hasil survei lembaga kredibel, banyak partai yang bakal melirik Anies.

Baca juga : Penjabat Gubernur Sulbar Dorong Pembangunan Yang Tepat Sasaran

Dia mencontohkan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan sejumlah Dewan Pimpinan Wilayan (DPW) partai lainnya beberapa waktu lalu mendukung Anies sebagai capres 2024.

Oemar tak masalah, Anies dipakai partai-partai untuk efek ekor jas meningkatkan elektoral partai. Sebab, Anies memang menarik, dicintai dan disukai publik.

“Karena itulah, insya Allah, nggak hanya jadi vote getter, tapi di ujung perjalanan, Pak Anies akan dapat tiket. Elektabilitasnya terus meningkat dan selalu di papan atas bursa capres. Masa nggak ada yang mau menggaet Anies,” tuturnya.

Baca juga : Hasil Survei: 76 Persen Masyarakat Puas Kinerja Anies Baswedan

Sejauh ini, perwakilan wilayah IM Anies sudah berdiri di 34 Provinsi. Sementara sudah ada 502 perwakilan dari 514 kabupaten kota. Ke depan, pihaknya akan terus konsolidasi hingga tingkat kecamatan dan ranting.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.