Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Pesantren Berkualitas Dan Berdaya Saing lewat Raperda

Ganjar Presiden 2024 Digaungkan Ulama-Santri Yogya

Senin, 29 Agustus 2022 10:29 WIB
500 santri, ulama, dan masyarakat Gunungkidul, DIY menyatakan dukungan pada gerakan Ganjar Presiden 2024. Dukungan ini dideklarasikan dalam acara Gebyar Sholawat dan Doa Bersama yang diinisiasi relawan Santri Dukung Ganjar (SDG), Sabtu (27/8). (Foto: Istimewa)
500 santri, ulama, dan masyarakat Gunungkidul, DIY menyatakan dukungan pada gerakan Ganjar Presiden 2024. Dukungan ini dideklarasikan dalam acara Gebyar Sholawat dan Doa Bersama yang diinisiasi relawan Santri Dukung Ganjar (SDG), Sabtu (27/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo sudah tak asing lagi di mata masyarakat DI Yogyakarta (DIY). Pria berambut putih itu dikenal begitu mendukung moderasi beragama dan memerhatikan kualitas pendidikan pesantren.

Hal inilah yang membuat 500 santri, ulama, dan masyarakat Gunungkidul, DIY menyatakan dukungan pada gerakan 'Ganjar Presiden 2024'. Dukungan ini dideklarasikan dalam acara 'Gebyar Sholawat dan Doa Bersama' yang diinisiasi relawan Santri Dukung Ganjar (SDG), Sabtu (27/8).

"Gebyar Sholawat ini merupakan ikhtiar akhirat, karena ikhtiar duniawi kita mengadakan agenda-agenda ada safari pesantren, ada bantu UMKM, kemudian silaturahmi majelis taklim, Jumat berkah berbagi, dan safari tokoh ustadz kiai," ucap Koordinator Wilayah SDG DIY, Ijtihadul Umam di Pondok Pesantren Nur Thoha, Ngalipar, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Baca juga : Komunitas Nelayan Makassar Serukan Ganjar Presiden 2024

Menurut Umam, sudah menjadi bagian dari kepribadian Ganjar, sepanjang kepemimpinannya  selalu merangkul kalangan pesantren, mulai dari santri hingga para ulama. Bahkan, kepedulian Ganjar kepada pendidikan pesantren sangat menonjol dengan langkah konkret dalam memperjuangkan penyusunan rancangan peraturan daerah (Raperda).

Hal ini menjadi bagian dari karakter Ganjar yang peduli kepada masyarakat kecil, berintegritas, dan selalu bersikap jujur apa adanya.

"Seperti tagline beliau 'Tuanku ya rakyat, jabatan cuma mandat', beliau begitu memerhatikan pesantren dengan Raperda tentang Fasilitasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Pondok Pesantren. Agar para santri nantinya bisa lebih berkualitas dan berdaya saing menghadapi dunia luar," jelas Umam.

Baca juga : Berasal Dari Keluarga Ulama, Ganjar Didukung Ribuan Santri Cirebon

Umam berkomitmen, akan terus mengkonsolidasikan dukungan masyarakat DIY di seluruh wilayah agar aspirasi 'Ganjar Presiden 2024' dapat terwujud.

"Tentunya kami akan terus berjuang untuk lebih mendekatkan bapak Ganjar Pranowo kepada masyarakat DI Yogyakarta. Semoga Pak Ganjar menjadi Presiden 2024 untuk Indonesia lebih maju," tegas Umam.

Senada, Pimpinan Pondok Pesantren Nur Thoha, KH. M. Sujadi Abdul Majid mengatakan memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo. Kedekatan dan perhatian Ganjar kepada ulama dan pesantren membuatnya tersentuh. Ganjar akan membawa Indonesia lebih maju.

Baca juga : Komunitas Warteg Dan Pedagang Pasar Di Jakarta Gaungkan Ganjar Presiden 2024

"Tak gas pol ya, saya ini sudah tak pol kan saya minta tolong mbah kiai kiai tak undang. Mbah Khalil Bangkalan, saya tawasul ke sana, mbah Hasyim Asyhari, niat saya kan untuk Pak Ganjar," kata KH M. Sujadi.

Menurutnya, Ganjar adalah pemimpin yang dicintai rakyatnya. Panah cinta tersebut dipancarkan lewat sikapnya yang merakyat, tegas, adil, berwibawa, dan anti korupsi.

"Beliau ini kan orang baik, terbukti dengan dua periode disukai oleh rakyat Jawa Tengah. Artinya bukan sekedar penampilannya, tapi memang akhlak nya baik apalagi dekat dengan santri-santri otomatis saling bisa gaul," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.