Dark/Light Mode

Ganjar Bangun Infrastruktur Desa, Warga: Bukti Pemimpin Yang Cinta Rakyat 

Jumat, 2 September 2022 20:51 WIB
Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap antusias menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Jumat (2/9). Warga menggelar tasyakuran pembangunan jalan hasil bantuan Pemprov Jateng senilai Rp 7 miliar. (Foto: Istimewa)
Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap antusias menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Jumat (2/9). Warga menggelar tasyakuran pembangunan jalan hasil bantuan Pemprov Jateng senilai Rp 7 miliar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sambutan antusias ditunjukkan warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap saat kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Jumat (2/9), untuk menghadiri tasyakuran pembangunan jalan hasil bantuan Pemprov Jateng senilai Rp 7 miliar. 

Dampak pembangunan jalan yang menggunakan anggaran Pemprov Jateng tahun 2022 ini, dirasakan betul manfaatnya oleh warga Desa Pesanggrahan dan sekitarnya untuk menyanggah aktivitas warga sehari-hari. 

Seperti yang diungkapkan salah satu warga desa bernama Lisin. Jalan yang dulunya rusak dan berlubang, berkat perhatian Ganjar, kini sudah dibeton dan bisa dilalui masyarakat yang ingin beraktivitas dan sangat mempermudah akses jalannya. 

Baca juga : PUPR Dorong Infrastruktur Perkotaan Berkelanjutan Atasi Perubahan Iklim

"Yang dirasakan masyarakat memang infrastruktur akan mendukung segalanya. Petani bisa menjual dagangannya ke pasar, yang sekolah juga lebih cepat jalannya, yang jelas sangat membantu sekali pembangunan jalan ini," ujar Lisin dalam keterangannya. 

Selain mempermudah akses dan menopang aktivitas warga, Lisin melanjutkan, perekonomian warga Desa Pesanggrahan dan sekitarnya ikut meningkat. Hal ini pun membuat taraf hidup masyarakat juga merangkak naik. 

"Pembangunan jalan ini juga mendukung bangkitnya sebuah ekonomi, karena semuanya jadi serba mudah. Terbangunnya jalan ini nantinya akan menaikkan mata rantai ekonomi warga. Mempermudah masyarakat yang jelas," ucap Lisin. 

Baca juga : 2023, Tidak Ada Pembangunan Infrastruktur Baru Kecuali Perintah Presiden

Lebih lanjut, pada kesempatan itu, Ganjar menjelaskan bantuan ini merupakan perjuangan panjang masyarakat dan kepala desa yang dapat mengelola dan memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan baik dan berkomitmen untuk membantu desa yang dapat melaksanakan itu. 

Ganjar pun menegaskan, sektor pertanian yang menjadi mayoritas mata pencaharian warga sekitar menjadi lebih optimal karena aksesnya sudah bagus. 

"Perjuangan yang cukup panjang hari ini menghasilkan sesuatu yang mulai bisa dilihat. Pertaniannya jalan, ekonominya berkembang. Dulu waktu saya ke sini jalannya lumayan ancur, dan bantuan keuangan dari provinsi alhamdulillah bisa dimanfaatkan dengan baik," jelas Ganjar. 

Baca juga : Ganjar: Stop Praktik Buruk Dan Busuk Yang Rugikan Rakyat

Ganjar berpesan kepada warga agar menjaga kondisi jalan yang telah diperbaiki. Ganjar meminta, truk tambang yang berlalu lalang di jalan Desa Pesanggrahan untuk diatur kapasitasnya agar tidak melebihi aturan yang berlaku. 

"Dulu banyak truk lewat sini, kapasitasnya besar, itu kalo jalannya ngga kuat ngga bisa. Sekarang kalo mereka ngangkut, tambangnya legal, sebenarnya jalan ini mampu jadi landasan kalo dia ngikuti aturan, sehingga tidak over load," tegas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.