Dark/Light Mode

Profil Azwar Anas, Menteri PAN RB Yang Baru Dilantik Jokowi

Rabu, 7 September 2022 14:19 WIB
Menpan RB Azwar Anas. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Menpan RB Azwar Anas. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Lembaga Kajian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Rabu (7/9).

Azwar Anas menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022. Azwar Anas yang lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973 merupakan Bupati Banyuwangi dua periode. Yakni, sejak 2010 hingga 2021.

Azwar Anas memulai pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Karangdoro, Tegalsari pada 1980. Tiga tahun kemudian, Azwar Anas pindah ke MI Kebunrejo, Genteng, Banyuwangi.

Lulus dari MI, Azwar Anas melanjutkan pendidikannya di SMP 1 Genteng dan setahun kemudian pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi.

Baca juga : Sah, Azwar Anas Jadi Menteri PAN RB

Memasuki masa SMA, Azwar Anas hijrah ke Jember dan masuk SMA Negeri 1 Jember dan tamat pada tahun 1992. Lulus SMA, Azwar Anas kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI). Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI.

Selain pernah bekerja sebagai Reporter Radio Prosalina FM dan News Editor Radio Attahiriyah 98,8 FM, Azwar Anas juga aktif di organisasi. Dia sempat menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) pada tahun 2000.

Pria yang besar di lingkungan pesantren ini pun terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota MPR pada 1997 kala berusia 24 tahun. Hal ini menjadikannya anggota MPR dari utusan termuda saat itu.

Sempat gagal tembus ke Senayan pada 1999, Anas masuk parlemen dan menjadi anggota DPR periode 2004-2009. Modal politik dengan terlibat sejumlah pansus selama di DPR tak membuat Azwar Anas dapat melenggang masuk Senayan untuk periode 2009.

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi Menteri PAN RB

Namun, kegagalan tersebut justru membuat Azwar Anas kembali ke kampung halamannya di Banyuwangi dan berlaga di pemilihan kepala daerah.

Berpasangan dengan Yusuf Widyatmoko, Azwar Anas terpilih sebagai Bupati Banyuwangi untuk periode 2010-2015. Pasangan ini juga memenangkan Pilkada Banyuwangi pada 2015.

Selama memimpin Banyuwangi, Azwar Anas meluncurkan berbagai program daerah. Di antaranya, peresmian Bandar Udara Blimbingsari, pendidikan gratis, mengadakan event budaya. 

Yaitu, Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, dan Banyuwangi Festival. Serta, perencanaan wisata Banyuwangi dengan konsep ecotourism.

Baca juga : PNM Fasilitasi Anak Nasabah Di Ruang Pintar Cinta Mekar

Berkat kepemimpinannya, Banyuwangi dikenal dunia. Azwar Anas pun diganjar sejumlah penghargaan. Salah satunya dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang menobatkannya sebagai salah satu kepala daerah yang membangun daerahnya dengan semangat budaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.