Dark/Light Mode

Siang Ini, Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi Menteri PAN RB

Rabu, 7 September 2022 08:10 WIB
Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, akan dilantik menjadi Menteri PAN RB oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9). (Foto: Instagram)
Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, akan dilantik menjadi Menteri PAN RB oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siang ini, Presiden Jokowi akan melantik mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/9).

Menggantikan Tjahjo Kumolo yang berpulang pada 1 Juli lalu.

Info ini diungkap sumber terpercaya RM.id.

“Rabu, 7 September 2022, Azwar Anas dilantik menjadi Menteri PAN-RB, mengisi kursi yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo,” ungkap sumber tersebut.

Baca juga : Alisia Rininta Belajar Jadi Istri Ijonk

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah menyerahkan nama pengganti almarhum Tjahjo Kumolo, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

"Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri sudah bertemu dengan Bapak Jokowi. Sudah berdialog cukup panjang. Hal-hal lain juga ikut dibahas. Nama-nama juga sudah disampaikan," beber Hasto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8).

Terkait kursi Menteri PAN RB, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan, sepeninggal Tjahjo, jabatan tersebut disiapkan untuk PDIP. Karena yang digantikan adalah kader PDIP.

"Untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama. Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif, mendapatkan masukan dari PDIP dari Bu Mega," ucap Pramono Anung di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).

Baca juga : Tiba di Kepulauan Tanimbar, Jokowi Dan Iriana Disambut Meriah Warga

Azwar Anas merupakan politisi dari Partai PDIP, sejak tahun 2015. Sebelumnya, dalam periode 2004-2015, dia mewakili Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sejak 13 Januari 2022.

Sebelumnya, pria kelahiran 6 Agustus 1973 itu pernah menjalankan amanat sebagai Bupati Banyuwangi, dalam periode 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Azwar Anas tercatat meraih penghargaan dari Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, pada 22 November 2019, karena dinilai berhasil melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan publik di daerahnya. 

Baca juga : Samsung Galaxy A33 5G Tawarkan Mabar Jadi Makin Seru

Dia terpilih sebagai Bupati Pembina Pelayanan Publik, dengan kategori sangat baik. Pada saat yang sama, tiga unit penyelenggara layanan publik di Banyuwangi juga mendapatkan penghargaan pelayanan publik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.