Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Manfaatkan Layanan Digital

Pemprov Jateng Borong 3 Penghargaan BKN Award 2022

Rabu, 7 September 2022 19:30 WIB
Ketua BKN Bima Haria Wibisana menyerahkan 3 penghargaan pada penyelenggaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (6/9). (Foto: Istimewa)
Ketua BKN Bima Haria Wibisana menyerahkan 3 penghargaan pada penyelenggaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (6/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, berhasil mendapatkan 3 penghargaan pada penyelenggaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022. Penghargaan itu diberikan langsung Ketua BKN Bima Haria Wibisana kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pemprov Jawa Tengah dinilai sukses menyelenggarakan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) hingga pemanfaatan layanan digital.

"Penghargaan itu menjadi pemacu buat kita, karena kita mendapatkan penghargaan tidak pada ranking yang tinggi. Itu artinya kita harus tingkatkan lagi. Dan tentu inovasi-inovasi yang dikembangkan teman-teman membuahkan hasil," ujar Ganjar usai menerima penghargaan di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (6/9).

Baca juga : Kemenkop UKM Boyong 3 Penghargaan Di Ajang BKN Award 2022

Adapun 3 penghargaan yang diraih Jawa Tengah dalam BKN Award tahun ini terdiri dari Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kerja, Kategori Special Mention Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN dan Kategori Pemanfaatan Penerapan Data Sistem Informasi dan CAT.

Meski demikian, Ganjar mencatat setidaknya ada tiga poin yang harus dilakukan pembenahan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah dalam proses manajemen ASN. Seperti mendorong model seleksi CPNS agar tidak berpatokan pada tes potensi akademik saja.

Kemudian, kuantitas ASN di Jawa Tengah yang masih perlu dievaluasi untuk mengisi kekurangan atau kekosongan di sejumlah sektor dalam rangka pemanfaatan otonomi daerah di Jawa Tengah.

Baca juga : Sharp Indonesia Borong Lima Penghargaan CSR Nusantara Award 2022

Pelayanan digital kepada masyarakat juga menjadi catatan penting dari Ganjar untuk dilakukan perbaikan secepat mungkin. Menurutnya, digitalisasi layanan masyarakat hari ini harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.

"Penghargaan ini bagian dari cara kita mengkoreksi ulang apa yang sudah kita kerjakan dan kita capai yang ternyata dalam penilaiannya belum bagus, ayo kita genjot dan baguskan lagi," ucap Ganjar.

Sementara itu, Ketua BKN Bima Haria Wibisana menyebutkan, Kategori Special Mention yang diraih Jawa Tengah karena ia melihat komitmen Ganjar untuk mendorong peningkatan pelayanan kepada ASN di Jawa Tengah.

Baca juga : Top, BP2MI Sabet Dua Penghargaan BKN Award

Bima menuturkan, melalui BKN Award 2022 diharapkan setiap daerah yang mendapatkan penghargaan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada ASN agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Special mention itu kita melihat komitmen Pemprov untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada ASN Jawa Tengah. Jadi itu diberikan kepada daerah yang berupaya dengan sungguh-sungguh. Jadi tidak semua daerah dapat special mention ini," tutur Bima.

"Tadi Pak Gubernur minta dikasih tahu kekurangannya yang mana, sehingga beliau bisa melakukan penyempurnaan. Sehingga pelayanan kepada ASN dari semua sisinya bisa lebih baik lagi di masa depan," sambung Bima.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.