Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Award 2022

Jokowi: Jaga Ketahanan Pangan, Kurangi Impor Produk Pertanian

Rabu, 28 September 2022 20:10 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan lewat video dalam acara Rakyat Merdeka Award 2022. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan lewat video dalam acara Rakyat Merdeka Award 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam acara Rakyat Merdeka Award 2022, melalui video. Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan, saat ini Indonesia sedang menghadapi situasi yang tidak mudah. Mulai dari ancaman krisis pangan, krisis energi dan finansial.

"Serta perubahan iklim di depan mata," ujar Jokowi, yang tengah berada di Ternate, Rabu (28/9).

Dalam menghadapi tantangan-tantangan itu, kata eks Gubernur DKI Jakarta ini, ada beberapa langkah besar yang telah, sedang, dan akan dilakukan pemerintah. Pertama, pemerintah terus menjaga ketahanan pangan Tanah Air. 

Baca juga : Menghadap Jokowi, Menpora-FPTI Jelaskan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Di Indonesia

"Produktivitas pertanian kita terus kita tingkatkan, sehingga bisa mengurangi produk-produk pertanian impor," ungkapnya.

Pada saat yang bersamaan, pemerintah menjaga stabilitas harga pangan, sehingga masih terjangkau oleh masyarakat. Kemudian kedua, pemerintah terus mengembangkan energi bersih dan memperkuat ekonomi hijau. Berikutnya ketiga, hilirisasi industri harus dipercepat dan diperbanyak.

"Sehingga, kebijakan ini tidak hanya mendorong investasi, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan dan memperkuat ekonomi. Juga mendorong peningkatan ekspor," beber Jokowi.

Kemudian, keempat, pemerintah mengakselerasi UMKM agar bisa segera naik kelas. "Digitalisasi harus terus didorong untuk membantu pemberdayaan UMKM," imbuh eks Wali Kota Solo ini.

Baca juga : Moeldoko: Harga Komoditas Pangan Masih Stabil

Jokowi optimis, dengan sinergi dan kerja sama seluruh elemen bangsa, Indonesia akan mampu memanfaatkan banyak peluang untuk tumbuh lebih kuat dan tumbuh secara berkelanjutan.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022. Semoga kerja keras dan dedikasi bapak-ibu semuanya menjadi inspirasi bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia," ucap Jokowi, yang kemudian menutup sambutannya dengan salam.

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

Baca juga : Jokowi: Kalau Nggak Dari Saya, Saya Nggak Mau Nerangin

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Ada 31 tokoh yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.