Dewan Pers

Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Award 2022

Boy Rafli Amar, Tokoh Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme

Rabu, 28 September 2022 22:26 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Penanggulangan Radikalisme Dan Terorisme”. Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun, tak membuat paham radikalisme dan terorisme berhenti. Justru, kian tumbuh subur. Bak virus Corona, penyebarannya pun kian masif, terutama lewat media sosial.

Menangani virus radikalisme dan terorisme, Boy Rafli menyiapkan 4 vaksin. Keempat vaksin itu adalah konsensus kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, moderasi beragama, dan penguatan budaya Nusantara.

Berita Terkait : Budi Karya Sumadi, Tokoh Konektivitas dan Sistem Transportasi Nasional

Keempat vaksin ini dinilai ampuh untuk membasmi radikalisme. Referensinya bukan kaleng-kaleng. Ada hasil surveinya. Diteliti di laboratorium dan berdasarkan pengalaman di lapangan.

Salah satu program inovatif BNPT di bawah kepemimpinan jenderal polisi bintang tiga itu adalah program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, yakni Kawasan Terpadu Nusantara (KTN). Program ini terdiri dari kawasan ekonomi inti, kawasan penyangga dan kawasan plasma kemitraan.

Para mantan napiter yang selesai menjalani masa hukuman, dapat bergabung dengan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, termasuk para keluarganya.

KTN juga meningkatkan kesejahteraan korban dan penyintas terorisme. Adapun yang diimplementasikan meliputi sektor perikanan, peternakan, perkebunan, dan pertanian.

Berita Terkait : Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara

Sejauh ini, kerja sama BNPT dengan multipihak telah membangun KTN di Turen Kabupaten Malang (Jawa Timur), Sumbawa (NTB), Kabupaten Garut (Jawa Barat), dan teranyar, di Temanggung (Jawa Tengah), pada 27 Juli lalu.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain Boy Rafli, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup.

Berita Terkait : Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking

Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia! ■