Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Award 2022

Budi Karya Sumadi, Tokoh Konektivitas dan Sistem Transportasi Nasional

Rabu, 28 September 2022 22:24 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Konektivitas dan Sistem Transportasi Nasional". Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam (28/9).

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi, merajut konektivitas Nusantara melalui pembangunan sistem transportasi. Dia meyakini, membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan rel, serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api.

Namun juga, membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru.

Baca juga : Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara

Tapi, membangun infrastruktur dan layanan transportasi, bukan pekerjaan mudah. Terlebih, Indonesia merupakan negara kepulauan.

Hambatan kian besar saat pandemi dan perang Rusia-Ukraina menyebabkan kondisi ekonomi global kurang baik. Sektor transportasi terhantam. 

BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi paham betul, sangat sulit mencari pendanaan untuk pembangunan infrastruktur dan layanan transportasi.

Berbagai inovasi untuk mencari sumber pendanaan di luar APBN dia rancang. Yaitu, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bentuk creative financing telah dilakukan oleh Kemenhub.

Baca juga : Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking

Hasilnya, di bawah kepemimpinan BKS, sektor transportasi telah menunjukkan pemulihan dan kebangkitan dalam situasi yang sulit.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi berhasil tumbuh 21,27 persen pada triwulan II-2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

Sebelumnya, pada triwulan I-2022, juga mengalami pertumbuhan positif yaitu mencapai 15,79 persen. Pertumbuhan positif sektor transportasi pada triwulan I dan II tahun ini menjadi salah satu faktor yang mengerek pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen pada kuartal II-2022.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

Baca juga : Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur 

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Selain BKS, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup. Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Acara yang juga menampilkan penyanyi Andre Hehanusa tersebut berlangsung meriah dan hangat. Salah satu lagu yang dinyanyikannya, “Kuta Bali”, kata Andre, karena bertepatan dengan perhelatan G20 di Bali.

Selamat kepada para penerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit! Teruslah berjuang, memberikan sumbangsih dan karya terbaik demi Indonesia! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.