Dewan Pers

Dark/Light Mode

2 Tahun Sisa Masa Jabatan

Prestasi Presiden Jokowi Diyakini Kian Bombastis

Jumat, 16 September 2022 09:41 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara menilai, Presiden Jokowi merupakan sosok pemimpin sederhana dengan prestasi yang bombastis.

Menurut Robi, meskipun performance Presiden Jokowi yang sederhana dan terlihat seperti orang kampung, tetapi faktanya, mantan Wali Kota Solo itu mampu mengukir prestasi yang bombastis. Salah satunya menggenjot ekonomi dengan berhasil akuisisi saham PT Freeport menjadi mayoritas.

"Saya kira memang performance Presiden Jokowi yang sederhana ya seperti orang kampung. Tetapi kerjaan-kerjaannya saya kira bombastis dan berprestasi," kata Robi Sugara dalam keterangannya, Jumat (16/9).

Berita Terkait : Masa Sih Jokowi Mau Turun Kelas

Dikatakan Robi, keberhasilan Presiden Jokowi mengakuisisi PT Freeport Indonesia merupakan prestasi besar yang patut diapresiasi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mampu menggenjot perusahan-perusahan plat merah hingga mengalami kemajuan yang signifikan.

"Saya melihat cukup bagus. Isu seperti Freeport dan beberapa BUMN sangat bagus dan mengalami kemajuan ya. Di Antara indikator keberhasilan kepemimpinan di Indonesia lainnya, isu ini yang sangat signifikan," ungkap Robi.

Berita Terkait : Anies: Tahun 2028, Kawasan Selatan Jakarta Dari Lebak Bulus, Bakal Nyambung Sampai Kota Tua

Lanjut Robi, keberhasilan Presiden Jokowi ini juga diakui oleh Prabowo Subianto yang merupakan bekas lawan politiknya di Pilpres 2014 dan 2019. Meskipun sempat menunjukkan rivalitas yang sengit, Ketua Umum Partai Gerindra itu beberapa kali melemparkan pujiannya di hadapan publik dan mengakui kepemimpinan Jokowi.

"Ini bisa menjadi role model bagi kepemimpinan Indonesia selanjutnya. Misalkan pernyataan-pernyataan Prabowo ya, saya kira sangat positif meskipun Pak Jokowi pernah menjadi lawannya dan seringkali di setiap kali pidatonya Pak Prabowo mengapresiasi gaya kepemimpinannya Pak Jokowi," ujar Robi.

"Prabowo sering mengatakan bahwa sosok Pak Jokowi yang kerja keras, dia betul-betul bekerja untuk negeri ini," tambahnya.

Berita Terkait : Gus Muhaimin: Sekali-kali Kader NU Jadi Presiden, Jangan Wapres Terus

Robi yakin betul di dua tahun akhir masa kerjanya, Presiden Jokowi mampu menyelesaikan berbagai masalah ekonomi dan politik di bangsa ini.

"Saya masih yakin. Dua tahun ke depan, Jokowi akan melewatinya dengan baik. Terutama tantangan ekonomi seperti yang ditakutkan oleh dunia dampak perang Rusia-Ukraina," yakinnya. ■