Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BIN Inisiasi Pembangunan Gedung Papua Youth Creative HUB Di Manokwari

Minggu, 25 September 2022 11:59 WIB
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya meninjau langsung lokasi lahan yang dihibahkan, Minggu (25/9). Hadir mendampingi anak PMI, Lurah di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Jeckson Ullo dan tokoh lainnya. Jeckson menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Gedung PYCH di Manokwari. (Foto: Istimewa)
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya meninjau langsung lokasi lahan yang dihibahkan, Minggu (25/9). Hadir mendampingi anak PMI, Lurah di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Jeckson Ullo dan tokoh lainnya. Jeckson menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Gedung PYCH di Manokwari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat menghibahkan lahan seluas 2 hektar kepada Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia untuk dibuatkan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Manokwari. 

Tanah yang dihibahkan berlokasi di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, atau tepatnya di eks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Distrik Manokwari Selatan. 

"Hibah tanah untuk kegiatan Papua Muda Inspiratif. Tanah yang dihibahkan seluas 2 hektar," kata Wakil Bupati Kab. Manokwari Edi Budoyo di sebuah rumah makan daerah Pasir Putih, Kec. Manokwari Tim, Kab. Manokwari, Papua Barat, Minggu (25/9). 

Menurut Edi, saat ini lahan yang akan dihibahkan masih dalam proses sertifikasi tanah oleh dinas terkait. Edi menargetkan proses administrasi ini selesai kurang dari satu bulan kedepan.

Baca juga : Gedung PYCH Jadi Wadah Kreatifitas Anak Muda Papua

Edi berharap dengan dibangunnya Gedung PYCH di Manokwari, para pemuda dapat melakukan kegiatan inspiratif, positif, menambah keterampilan dan soft skill mereka, demi menunjang percepatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. 

Kordinator PMI Wilayah Papua Barat, Simon Tabuni menyambut baik adanya pembangunan PYCH di Manokwari. Ia berterima kasih kepada BIN, Pemda dan semua pihak yang mendorong terwujudnya pembangunan tersebut. 

"Itu luar biasa sekali kalau ada PYCH di Papua Barat. Kebetulan PMI ada di 9 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat," kata Simon didampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya di Sekretariat PMI Papua Barat, daerah Amban, Distrik Manokwari Barat. 

Menurut Simon, Gedung PYCH itu akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua, khususnya di Papua Barat. Nantinya bakal ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta-talenta muda agar bisa meningkatkan sumber daya manusianya. 

Baca juga : BNI Borong 4 Penghargaan Alpha Southeast Asia

Simon menyatakan PMI dan BIN totalitas tingkatkan ekonomi masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Tinjau Langsung

Pembuatan Gedung PYCH di Manokwari ini digagas oleh Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH, MSi dan Presiden Joko Widodo, serta disambut antusias oleh pemuda dan masyarakat Papua. 

Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya meninjau langsung lokasi lahan yang dihibahkan. Hadir mendampingi anak PMI, Lurah di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Jeckson Ullo dan tokoh lainnya. Jeckson menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Gedung PYCH di Manokwari.

Baca juga : Bupati Apresiasi Dukungan Bane Raja Manalu Ke UMKM Di Karo

BIN Berencana akan Bangun 7 Gedung PYCH di Papua dan 1 di Provinsi Maluku

Sekedar informasi, rencananya Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof Budi Gunawan, SH, MSi bersama dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo akan membangun Gedung PYCH di 7 wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat, serta 1 Gedung PYCH di Provinsi Maluku. 

Rencana pembangunan itu di dukung oleh semua institusi dan lembaga, serta disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat. 

Saat ini, telah dibangun Gedung PYCH di Kab. Jayapura, Provinsi Papua. Pembangunan diatas lahan 1,5 hektar itu telah mencapai 84,137 persen. Rencananya gedung ini ditargetkan rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022 atau paling lambat pada bulan Desember Tahun 2022. Sementara Gedung PYCH di Manokwari, baru persiapan lahan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.