Dark/Light Mode

Kejurnas FORKI Cari Bibit Untuk Berlaga Di Kejuaraan Dunia

Senin, 3 Oktober 2022 15:21 WIB
Ketua PB FORKI Hadi TjahJanto didampingi pembina PB FORKI Oesman Sapta Odang serta Ketua Pengprov Sumbar Andre Rosiade membuka Kejurnas FORKI di Auditorium UNP di Padang, Sumatera Barat, Senin (3/10). (Foto: Istimewa)
Ketua PB FORKI Hadi TjahJanto didampingi pembina PB FORKI Oesman Sapta Odang serta Ketua Pengprov Sumbar Andre Rosiade membuka Kejurnas FORKI di Auditorium UNP di Padang, Sumatera Barat, Senin (3/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Hadi Tjahjanto menbuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) FORKI yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Kota Padang Sumatera Barat 3-6 Oktober 2022.

Kejurnas ini digelar untuk mencari bibit atlet yang akan berlaga di kejuaraan dunia.

"Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan Serie A World Karate Federation (WKF) yang akan digelar di Istora Senayan pada 18-20 November 2022. Melalui Kejurnas ini kita mencari atlet berpotensi mampu meraih medali di ajang bergengsi itu," kata Hadi.

Dalam pembukaan Kejurnas ini, selain Hadi, hadir Pembina PB FORKI Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketua FORKI Pengprov Sumbar Andre Rosiade.

Baca juga : Kemensos Gercep Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Di Tapanuli Utara

Hadi mengatakan, atlet yang menonjol dalam Kejurnas ini nantinya akan dipantau serta dievaluasi untuk dapat turun di ajang tersebut.

Dalam Kejuaraan Internasional Serie-A WKF 2022, pihaknya menargetkan mampu meraih medali emas dan atlet Indonesia dapat bersaing dengan atlet dari 75 negara yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini.

"Akan ada 1.200 atlet Karateka yang akan turun dalam kejuaraan tersebut dan WKF akan melakukan perbaikan ranking Karateka dunia melalui event itu. Kita berharap atlet Indonesia mampu mengambil kesempatan emas tersebut," kata dia.

Terkait Kejurnas FORKI, Hadi meminta agar wasit bekerja dengan baik. Sehingga tidak merusak atlet yang bertanding dalam kejuaraan ini.

Baca juga : RI Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Perahu Motor

"Kejuaraan ini digelar di Kota Padang karena akan melantik Pengprov Sumbar dan juga memotivasi atlet Sumbar serta daerah lain untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Saya yakin Sumbar ini berpotensi melahirkan Karateka berprestasi," kata dia.

Sementara Andre Rosiade mengatakan, Kejurnas FORKI ini dikuti 32 Pengprov di Indonesia serta 21 peguruan karate dengan total 153 atlet yang bertanding. 

"Kami ucapkan terima kasih karena Kejurnas ini digelar di Sumbar dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami," ujarnya.

Sebelumnya Sumbar telah dua kali melaksanakan Kejuaran Daerah (Kejurda) untuk mencari bibit karateka muda di setiap daerah di provinsi itu.

Baca juga : Terdakwa Bantah Beri Uang Untuk Pengaruhi Kebijakan Kemendag

"Alhamdulillah kali ini kami diberi kesempatan menggelar kegiatan besar ini. Kami berkomitmen untuk membangun generasi muda Karateka berprestasi ke depan," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.