Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Kunci Kemenangan Pilpres 2024, Erick Thohir Punya Berbagai Modal

Selasa, 4 Oktober 2022 16:02 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang pemilihan presiden dan wakil presiden, nama Erick Thohir terus disebut-sebut. Pasalnya, Menteri BUMN tersebut menduduki peringkat atas dari berbagai lembaga survei sebagai cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Erick Thohir memilih modal sosial dan logistik untuk mengatrol elektabilitas dalam kontestasi demokrasi mendatang.

“Pak Erick Thohir memiliki modal, memiliki elektabilitas dan logistik, modal sebagai menteri BUMN ada, paling tidak itu modalnya. Itu yang saya sebut faktor kunci,” tutur Pangi, Selasa (4/10).

Baca juga : Sepak Bola Dunia Berduka

Secara elektabilitas, Erick Thohir terbukti mampu menopang ketika dipasangkan dengan kandidat calon presiden potensial seperti Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, duet Ganjar-Erick Thohir unggul dalam tiga simulasi tiga pasang kontestasi demokrasi.

Pada simulasi pertama pasangan kepala daerah dan menteri tersebut memperoleh elektabilitas sebesar 43.4 persen. Elektabilitas tersebut meninggalkan pasangan Prabowo-Puan yang mendapatkan elektabilitas sebesar 29.4 persen dan Airlangga-Ridwan Kamil di 11.0 persen.

Baca juga : Erick Thohir: Hasil Kerja Adalah Pencitraan Terbaik

Kemudian di simulasi ke dua, pasangan Ganjar-Erick Thohir kembali digdaya atas pasangan lain dengan elektabilitas sebesar 36.6 persen.

Di bawahnya terdapat pasangan Prabowo-Cak Imin dengan elektabilitas 25.7 persen dan Anies-Khofifah 24.8 persen.

Lanjut ke simulasi ketiga, Ganjar-Erick Thohir kembali tidak tertandingi dengan angka elektabilitas 43.1 persen. Menyusul di belakang Ganjar-Erick Thohir terdapat pasangan Prabowo-Cak Imin dengan elektabilitas 32.0 persen dan Airlangga-Ridwan Kamil 9.9 persen.

Baca juga : Pengamat: Tudingan Dugaan Kecurangan Pemilu Di 2024 Jadi Boomerang Bagi Partai Demokrat

Temuan ini juga sedikit banyak mengingatkan kepada figur mantan Wapres Jusuf Kalla. Di mana baik Erick Thohir dan Jusuf Kalla, memiliki elektabilitas yang mumpuni sebagai cawapres dan logistik yang kuat.

“Hampir sama dengan Pak JK, mereka memiliki elektabilitas dan logistik,” pungkas Pangi, yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Research Center. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.