Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Kenalkan Erick Thohir Di Papua, Pengamat: Wajar, Menteri Andalan

Jumat, 2 September 2022 16:23 WIB
Pengamat politik Surokim Abdussalam/Ist
Pengamat politik Surokim Abdussalam/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Momen kedekatan Presiden Jokowi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali terpotret dalam kegiatan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk UMKM di GOR Towrare, Jayapura, Papua, Rabu (31/8).

Dalam sambutannya, Jokowi memperkenalkan Erick Thohir kepada masyarakat Papua, yang kemudian disambut sorak sorai gembira warga yang hadir.

"Yang terakhir, Menteri BUMN Pak Erick Thohir. Sorak-sorak toh, sudah kenal sama Pak Erick?" tanya Jokowi dikutip dari video singkat, Jumat (2/9).

Jokowi tertawa karena warga bersorak. Sebab, tak biasanya warga bersorak ketika dia memperkenalkan menteri. "Senang sama Pak Erick?" tanya Jokowi lagi.

Baca juga : Jokowi Tegaskan, 3 DOB Papua Lahir Dari Bawah

Masyarakat yang hadir pun langsung menjawab bersamaan. "Senang," seru warga. Lantas, Jokowi meminta Erick berdiri dan diikuti tepuk tangan dan sorak sorai warga.

Merespons hal itu, pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengatakan, momentum di Papua menjadi simbol kedekatan Erick dan Jokowi.

Menurutnya, Erick salah satu menteri andalan Jokowi dan sering tampil mendampinginya di berbagai kunjungan kerja di daerah.

“Kalau dilihat dari panggung-panggung nasional yang melibatkan Erick. Menurut saya Erick termasuk kepercayaan Jokowi. Kan tidak semua menteri mendapatkan panggung yang sama seperti Pak Erick, termasuk menteri andalan,” ujar Surokim, Jumat (2/9).

Baca juga : Jokowi Dan Erick Teguhkan Komitmen Bangun SDM Papua Lewat Sepak Bola

Menurut Surokim, Erick kerap dipercaya untuk terlibat dalam penugasan atau memimpin proyek-proyek strategis nasional. Erick juga dinilai cukup berhasil mengemban amanah yang diberikan kepadanya.

“Apalagi beliau (Erick) terlibat dalam banyak proyek strategis nasional, di mana reputasi kepala negara dipertaruhkan di situ, lalu Erick ada di sana,” ucapnya.

Menurut Surokim, keberhasilan kinerja Erick terlihat dari respons positif masyarakat yang turut mendongkrak tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pemerintahan Jokowi.

Artinya, kinerja Menteri BUMN selama ini turut mengerek kinerja Pemerintahan Jokowi. Jadi tidak dipungkiri bahwa capaian-capaian itu terbukti dengan banyaknya respons positif dari publik.

Baca juga : Pengamat: Masyarakat Melihat Parameter Kinerja

Surokim juga menilai, karena keberhasilan Erick meningkatkan kinerjanya di BUMN, wajar jika Jokowi berkenan meng-endorse Erick ke masyarakat. Dan itu bisa dijadikan modal untuk ikut berkontestasi di Pilpres 2024.

Apalagi Jokowi sudah memberikan lampu hijau jika Erick akan maju sebagai kandidat capres di Pilpres 2024, melihat kinerjanya yang moncer.

Seperti diketahui, panggung proyek strategis yang melibatkan Erick, antara lain, Asian Games dan MotoGP.

“Jokowi tahu bagaimana kinerja Erick. Wajar kalau Jokowi memberi lampu hijau (maju Pilpres 2024)," tuntasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.