Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komunitas Ekraf Apresiasi Perhatian Presiden Jokowi Kembangkan Ekonomi Kreatif Tanah Air

Minggu, 9 Oktober 2022 15:29 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo alias Jokowi begitu yakin, perkembangan ekonomi kreatif (Ekraf) saat ini dan akan menjadi tulang punggung ekonomi bangsa ke depan. Keyakinan ini sangat mendasar, usai ekraf bertahan dan berhasil di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Pegiat Startup yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekrafs) Febryan Wishnu mengapresiasi dukungan Presiden Jokowi terhadap perkembangan ekonomi kreatif di tanah air.

Sebab, diyakini, ekonomi kreatif bakal menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa depan. Menurut Wishnu, perjuangan para pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia untuk mengambil bagian dalam momentum Kebangkitan Nasional telah teruji.

Baca juga : SiCepat Dukung Presidensi G20 Indonesia

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan sejumlah program unggulan, baik mandiri atau berkolaborasi dengan pemerintah.

“Bagi pelaku ekonomi kreatif Tanah Air, pandemi Covid-19 bagaikan dua sisi mata uang. Selain berdampak pada penurunan produksi maupun omset, pandemi juga membuka peluang baru bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia untuk terus berinovasi,” kata Wishnu saat dihubungi, Minggu (9/10).

Dikatakan Wishnu, ekonomi kreatif menjadi sektor yang menjanjikan, dimana tak hanya pada produk tetapi juga pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : Presiden IMA Percaya Ekonomi Indonesia Bisa Start Lebih Awal

"Saat ini ekonomi kreatif menjadi sektor yang semakin menjanjikan. Perkembangannya sangat pesat, baik ekonomi maupun SDM. Hal ini disebabkan bergesernya tren ekonomi dunia yang berbasis ide, kreativitas, dan inovasi,” ucapnya.

Menurut dia, pandemi Covid-19 mengubah segalanya termasuk perekonomian yang sekarang mengarah ke digital. Dunia e-commerce Indonesia juga berkembang pesat, di mana pemerintah terus mendorong pengembangannya guna memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan produk dalam negeri.

“Sangat penting pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan perkembangan teknologi digital karena dapat meningkatkan pemasaran dan membuka peluang ekonomi baru, sehingga dapat menciptakan kesejahteraan dan meningkatkanperekonomian Indonesia,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.