Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Siap Di Bawah Puan

Senin, 3 Oktober 2022 06:40 WIB
Kolase Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa).
Kolase Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di saat ada berita Puan Maharani akan kembali bertemu Prabowo Subianto, kemarin, Ganjar Pranowo pasang foto narsis di akun Insgaramnya, sedang di bawah videotron bergambar Puan Maharani dengan tulisan "2024 menang spektakuler, hattrick". "Siap!" Ganjar menulis status di bawah fotonya, yang persis di bawah foto Puan itu.

Kalau jadi bertemu lagi, ini akan menjadi pertemuan kedua Puan-Prabowo dalam upaya membangun koalisi menuju 2024. Sebelumnya, Prabowo dan Puan sudah bertemu di Hambalang, Bogor, sebulan lalu, tepatnya 4 September 2022. Dalam pertemuan pertama itu, Puan-Prabowo sangat akrab. Puan sempat diajari naik kuda. Lalu, keduanya diskusi sambil makan tentang Pemilu 2024. Prabowo dan Puan juga membuka kemungkinan peluang dipasangkan sebagai capres-cawapres 2024.

Rencana pertemuan babak kedua ini diungkap Ketua Bappilu PDIP Bambang “Pacul” Wuryanto. "Mungkin nanti ada pertemuan lagi. Kemarin kan pertemuan pertama. Mbak Puan bilang kan mungkin ada pertemuan lagi," kata Bambang Pacul, di sela menemani Puan blusukan di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Baca juga : Ganjar Siapkan Tiga Jurus Kendalikan Inflasi Di Jateng

Namun, Bambang Pacul belum mengungkap waktu pertemuan kedua Puan dan Prabowo. Dia juga tak banyak menjawab saat ditanya apa bahasan pertemuan keduanya. Termasuk mengenai koalisi. Bambang menyebut, untuk koalisi, pembahasan ada di tangan Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDIP.

"Koalisi antar partai itu Ibu Ketua Umum. Kalau Ibu Puan, hanya menyampaikan pesan Ibu Ketua Umum dengan safari politik," ucapnya, sembari mengatakan, blusukan Puan ke Solo juga bagian dari safari politik.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, langkah Puan yang semakin leluasa ini, semakin menutup peluang Ganjar untuk dicapreskan PDIP. Termasuk rencana pertemuan kedua antara Puan dan Prabowo.

Baca juga : IKN Nusantara Diklaim Bebas Bencana Alam

"Memang yang pertama baru tahap awal. Bisa jadi yang kedua akan jadian. Pembahasan koalisi dan capres-cawapres akan lebih serius," kata Agung, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal peluang duet Prabowo-Puan, juga terbuka lebar. Sebab, kemungkinan PDIP bergabung ke dalam poros Gerindra-PKB lebih terbuka menilik relasi positif Banteng dengan kedua partai ini.

"PDIP kecil kemungkinan gabung dengan poros NasDem atau KIB. Tantangannya memang berada di elektabilitas Puan yang kurang. Tapi akan bisa mengejar jika gabungnya dengan Gerindra dan PKB," ujarnya.

Baca juga : DKI Gelar Innovation Days Di Balaikota

Dalam kesempatan berbeda, Ganjar menunjukkan sikap patuh ke Puan. Kemarin, Gubernur Jawa Tengah itu mengunggah sebuah foto di akun Instagramnya, @ganjar_pranowo, yang memperlihatkan dirinya akan manut dengan segala gerakan Puan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.