Dark/Light Mode

Jokowi-Mega Ketemu Di Istana Batu Tulis

Puan, Gibran, Ganjar Dan Anies 2024 Jadi Obrolan

Senin, 10 Oktober 2022 07:35 WIB
Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi bertemu dalam tradisi menyepi selama dua jam di Batu Tulis, Bogor, Sabtu (8/10/20222). (Foto: Dok. PDI Perjuangan)
Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi bertemu dalam tradisi menyepi selama dua jam di Batu Tulis, Bogor, Sabtu (8/10/20222). (Foto: Dok. PDI Perjuangan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendidikan lembaga sur­vei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio menganalisa, pertemuan Batu Tulis antara Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo tak lepas dari pembahasan ten­tang Pilpres 2024. Termasuk meng-endorse Puan Maharani.

“Indikatornya, di Batu Tulis yang sangat kental Soekarnonya,” ujar Hendri Satrio, kepa­da Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Usai Sulsel Dan Banten, Giliran PPP Sumut Usung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Menurutnya, Istana Batu Tulis yang ada di Bogor, Jawa Barat, identik dengan Soekarno. Tempat itu, merupa­kan salah satu tempat tinggal favorit proklamator itu. Nah, Puan Maharani itu merupakan cucu dari Presiden Soekarno. Artinya, ada upaya pendekatan secara historis.

Nah, jika berbicara tentang Pilpres 2024, kata pria yang akrab disapa Hensat itu, tentu tidak hanya berbicara tentang meminta dukungan Jokowi kepada Puan. Sangat mungkin, jika perbincangan tersebut ber­bicara tentang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca juga : Ratusan Perempuan Milenial Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Misalnya, katanya, berbicara tentang seandainya Ganjar, yang juga kader PDIP itu tidak mendapatkan tiket dari PDIP. “Bagaimana peran Ganjar Pranowo bila tidak mendapatkan tiket dalam langkah pemenangan Mba Puan nantinya,” katanya.

Lebih jauh lagi, bisa saja analisa itu membahas tentang peristiwa pencapresan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Pilpres 2024 oleh Partai NasDem belum lama ini. Artinya, pertemuan Mega dan Jokowi ini berbicara tentang banyak nama capres menuju kontestasi pesta demokrasi mendatang.

Baca juga : Ganjar Tegaskan Dirinya Masih Kader PDI Perjuangan

Menurutnya, ada empat nama jagoan Pilpres yang kemung­kinan dibicarakan. Yaitu, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Nah, soal Gibran bisa saja bukan untuk Pilpres, me­lainkan Pilkada DKI Jakarta 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.