Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ingin Lebih Maju, Nelayan di Bulukumba Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Senin, 10 Oktober 2022 20:02 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia 2024-2029 di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Senin (10/10/2022). (Foto: Istimewa).
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia 2024-2029 di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Senin (10/10/2022). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Nelayan di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia 2024-2029.

Pelatihan pengolahan dan pengepakan hasil tangkap ikan, pembagian sembako kepada nelayan, turut menyertai rangkaian deklarasi yang diikuti oleh sejumlah nelayan dari berbagai wilayah. 

Koordinator Komunitas Nelayan Sulsel, Zulfikar Amri menuturkan, dukungan kepada Ganjar karena kebijakannya sebagai gubernur Jateng telah terbukti membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi nelayan. 

"Hal itu perlu dirasakan juga oleh nelayan di Sulsel, khususnya di Bulukumba, makanya kami mendukung Pak Ganjar," kata Zulfikar usai deklarasi di Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Senin (10/10/2022). 

Baca juga : Cara Unik Relawan Sosialisasikan Figur Ganjar Pranowo Lewat Lomba Kicau Burung

Menurut Zulfikar, ada dua program unggulan Ganjar untuk nelayan yang diapresiasi yaitu asurasi nelayan (Asnel) dan subsidi BBM bagi nelayan. Program Asnel yang digencarkan Ganjar di Jateng mampu memberikan rasa aman bagi nelayan melalui proteksi asuransi. 

Sejak pengguliran program Asnel dari anggaran Pemprov Jateng dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ada 151.457 orang nelayan yang terproteksi asuransi.

Selain itu, Zulfikar menyatakan, Ganjar merupakan pemimpin yang berpengalaman di pemerintahan, baik sebagai anggota DPR maupun sebagai gubernur. Kepribadian Ganjar pun disebut lemah lembut, murah senyum, merakyat, cerdas dan mempunyai kapasitas untuk menjadi Presiden 2024

Zulfikar akan terus berkeliling daerah di pesisir pantai Sulsel untuk menggalang dukungan bagi Ganjar, khususnya dukungan dari nelayan. 

Baca juga : Mukerwil PPP Jatim Usulkan Ganjar Pranowo Capres 2024

"Kami menyakini Bapak Ganjar nanti ke depan akan membawa Indonesia lebih baik lagi, khususnya bagi nelayan," ucap Zulfikar.

Sementara terkait pelatihan pengolahan dan pengepakan hasil tangkap ikan, Zulfikar mengatakan, pelatihan itu sebagai upaya meningkatkan kualitas produksi ikan, sehingga nilai jual lebih tinggi dan kesejahteraan nelayan dapat tercapai dengan cepat. 

Komunitas Nelayan Sulsel menyampaikan teori dan mempraktekkannya, diantaranya cara mengemas hasil ikan agar dapat bertahan lama dan layak dikonsumsi. Serta, metode pemasaran agar produk ikan dapat dikonsumsi secara luas. 

Selain itu, mereka juga menyerap aspirasi terkait kebutuhan nelayan, diantaranya kebutuhan alat penangkap modern, bantuan pemasaran dan bibit rumput laut. Sebab, nelayan juga membudidayakan rumput laut untuk dijual demi memenuhi kebutuhan ekonominya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Bersama Ulama Dan Santri Bangkalan Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Dari informasi yang didapat, Kabupaten Bulukumba memiliki sekitar 7 ribu nelayan, yang tersebar di tujuh pesisir dengan sekitar 2.205 kapal nelayan. Produksi ikan di Bulukumba pada 2021, sebesar 53860,1 ton dalam setahun. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.