Dark/Light Mode

DKI-1 Lebih Sulit

Gibran Di Jateng Saja

Jumat, 14 Oktober 2022 06:50 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilgub Jawa Tengah (Jateng) lebih besar dibandingkan di Pilgub DKI Jakarta. Dalam survei Charta Politika yang dirilis kemarin, elektabilitas Wali Kota Solo itu, mencapai 37 persen, jauh di atas para pesaingnya. Gibran pun disarankan maju di Jateng saja.

Survei bertajuk Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 itu, digelar pada periode 20-27 September 2022. Survei memakai metode wawancara tatap muka yang diikuti oleh 1200 responden dengan menggunakan multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 2.83 persen.

Baca juga : Survei Elektabilitas Charta Politika: Ganjar Meroket Di Jateng dan Lampung

Dalam paparannya, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, tingkat elektabilitas putra sulung Jokowi itu berada di posisi teratas dengan 37,7 persen di Jateng. Gibran mengalahkan figur-figur lain di Jateng.

“Gibran Rakabuming Raka menjadi pilihan responden tertinggi sebagai kepala daerah Jawa Tengah dengan hasil survei 37,7 persen,” kata Yunarto, kemarin.

Baca juga : KIB Solid, Airlangga Dinilai Layak Jadi Capres

Di posisi kedua ada Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 12,5 persen. Sementara Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, duduk di posisi ketiga dengan elektabilitas 7,7 persen.

Di posisi keempat ada nama mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, dengan tingkat elektabilitas 4,7 persen. Nama berikutnya ada Achmad Husein 3,7 persen, Sudirman Said 3,1 persen, Rustriningsih 2,2 persen, dan Condro Kirono 0,5 persen.

Baca juga : Stop Gunakan Gas Air Mata!

Sehari sebelumnya, lembaga survei Polstat (Political Statistic) juga merilis hasil survei soal bursa cagub DKI Jakarta. Dalam survei itu, Gibran juga masuk dalam bursa cagub DKI. Hanya saja, posisinya berada di nomor tiga dengan elektabilitas 10 persen. Di posisi pertama ada Anies Baswedan dengan 40,5 persen, disusul Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan 19,1 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.