Dark/Light Mode

Survei LSI: Airlangga Dinilai Figur Tepat Gantikan Jokowi

Jumat, 14 Oktober 2022 10:23 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI) melakukan jejak pendapat terkait kinerja kandidat calon presiden potensial yang mampu bekerja secara optimal.

Nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto paling banyak dipilih karena dinilai mampu meneruskan program-program ekonomi Jokowi.

"Nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih dan diinginkan sebagai penerus Presiden Jokowi dengan dipilih oleh 26,1 persen responden, kemudian nama Prabowo Subianto dipilih sebanyak 24,2 persen ,lalu diurutan ke tiga Ganjar Pranowo dipilih sebanyak 10,1 persen, Andika Perkasa 6,2 persen, Anies Baswedan 4,7 persen, Puan Maharani 3,6 persen dan yang tidak memilih sebanyak 25,1 persen," papar Direktur Eksekutif LSI, Albertinus Dino dalam keterangannya, Jumat (14/10).

Baca juga : Survei Trust Indonesia: Anies Ungguli Prabowo Dan Ganjar

Dia menambahkan, dalam survei ini juga dilakukan simulasi pasangan tokoh bakal capres-cawapres, yang kemudian ditanyakan kepada 2.280 responden.

"Dari hasil jawaban responden pasangan Airlangga Hartarto-Khofifah Indar Parawangsa dengan simulasi diusung oleh parpol KIB dipilih sebanyak 28,6 persen, Ganjar Pranowo -Puan Maharani dengan simulasi diusung oleh PDI Perjuangan dipilih sebanyak 20,1 persen," tambahnya.

Adapun Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan simulasi diusung oleh Gerindra PKB dipilih sebanyak 19,2 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono dengan simulasi diusung oleh NasDem -PKS-Demokrat dipilih sebanyak 15,7 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 16,4 persen.

Baca juga : Anies Tak Sejalan Dengan Jokowi

Sementara itu, kesimpulan hasil temuan survei tingginya tingkat keterpilihan Airlangga dibandingkan tokoh-tokoh lainnya ini memiliki hubungan yang kuat.

Tingkat kepercayaan publik secara politik dan sosial yang sangat tinggi di atas 80 persen terhadap pemerintahan Presiden Jokowi dalam menghadapi dampak gelapnya ekonomi global terhadap perekonomian nasional, dan kepuasan publik yang di atas 80 persen juga, terhadap program-program dan kinerja perekonomian nasional pemerintahan Jokowi, dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Pemerintah Jokowi juga dianggap berhasil mengantisipasi menghadapi gelapnya perekonomian global yang bisa berdampak pada perekonomian nasional.

Baca juga : Moeldoko Dianggap Paling Sinergi Dengan Pikiran Jokowi

Diketahui, survei dilakukan LSI pada tanggal 30 September hingga 10 Oktober 2022 di 420 kabupaten/ kota. Sasarannya warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun dan dengan jumlah sampel 2280 responden.

Hasil survei diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multi-state random sampling dengan batas kesalahan (margin of error) sekitar 2,05 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.