Dark/Light Mode

Survei Trust Indonesia: Anies Ungguli Prabowo Dan Ganjar

Kamis, 13 Oktober 2022 10:40 WIB
Peluncuran hasil survei Trust Indonesia, secara daring, Rabu (12/10) sore. (Foto: Ist)
Peluncuran hasil survei Trust Indonesia, secara daring, Rabu (12/10) sore. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Trust Indonesia, Dr (c) Ahmad Fadhli melakukan survei nasional terhadap 5 kandidat calon presiden (capres) yang potensial pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya, Dari sisi Tingkat Kinerja Calon Presiden RI 2024, Anies Baswedan unggul dengan 89,2 persen. Kemudian disusul oleh Prabowo 59,2 persen, Ganjar Pranowo 57,5 persen, Airlangga Hartarto 30,4 persen dan terakhir, Puan Maharani 15,9 persen.

Anies Baswedan juga mengungguli nama-nama lain dari sisi Kapasitas dan Integritasnya.

Baca juga : Warga DKI Kurang Puas Kinerja Anies Atasi Macet Dan Banjir

"Nah kami disini mencoba untuk mengkalkulasi, ternyata dari seluruh Capres, Anies paling tinggi unggul dalam kapasitas dan integritas. Sedangkan yang lain unggul dalam pengalaman," ucapnya, dalam konferensi pers dan dialog publik yang berlangsung Rabu (12/10) sore.

Adapun dari segi Tingkat Kelayakan Calon Presiden (Capres), Anies unggul jauh dari calon lainnya dengan 91,6 persen. Di posisi kedua, ada Ganjar Pranowo yang yang terpaut jauh dengan 65,5 persen.

Setelah itu ada Prabowo Subianto dengan 64,2 persen, diikuti oleh Airlangga Hartarto sebanyak 37,5 persen, dan terakhir ada Puan Maharani sebanyak 20,9 persen.

Baca juga : Indonesia-Tiongkok Pro-Ekonomi Hijau

Walaupun Prabowo berada di posisi ke 3 dari segi Tingkat Kelayakan Calon Presiden (Capres), tetapi ia unggul dari sisi kepemimpinannya dibanding dengan calon lainnya.

"Dari sisi kelayakan Anies Baswedan unggul dalam sisi intelektualitas, tetapi Prabowo yang menduduki urutan ke 3, unggul dalam sisi Leadershipnya," beber dia.

Survei ini dilakukan untuk menilai kelayakan terhadap 5 kandidat capres RI 2024 potensial, sekaligus untuk mengetahui calon presiden RI 2024 yang paling potensial.

Baca juga : Top, Semen Indonesia Boyong Lima Penghargaan Subroto Dari ESDM

Survei digelar secara online dalam rentang waktu 5 hari yaitu pada tanggal 7-11 Oktober 2022. Survei dilakukan kepada pakar yang memiliki pengetahuan lebih luas dan mendalam mengenai 5 kandidat calon presiden RI 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.