Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

328 Karya Masuk Lomba Foto Mendorong Daya Saing Daerah

Sabtu, 15 Oktober 2022 21:53 WIB
Juara I Lomba Foto Mendorong Daya Saing Daerah Melalui Pembangunan Berkelanjutan, karya Arnas Padda, dengan Energi Ramah Lingkungan untuk Ekonomi Berkelanjutan. (Foto: Arnas Padda)
Juara I Lomba Foto Mendorong Daya Saing Daerah Melalui Pembangunan Berkelanjutan, karya Arnas Padda, dengan Energi Ramah Lingkungan untuk Ekonomi Berkelanjutan. (Foto: Arnas Padda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 328 karya foto dari 68 jurnalis seluruh Indonesia mengikuti Lomba Foto Mendorong Daya Saing Daerah Melalui Pembangunan Berkelanjutan. Lomba ini merupakan kerja sama Konsorsium Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB) dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Lomba yang diadakan pada periode September 2022 hingga pengumuman pemenang pada 15 Oktober 2022 tersebut merupakan bagian dari program Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB), khususnya untuk sosialisasi pilar-pilar keberlanjutan yang terdiri atas lingkungan lestari, ekonomi hijau, sosial inklusif, dan tata kelola yang baik. Dengan menerapkan prinsip keberlanjutan secara utuh, diharapkan daya saing daerah akan meningkat yang juga akan tercermin dalam peningkatan daya saing nasional.

Baca juga : Tata Janeeta, Mas Brotoseno Kado Terindah

Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Herman Suparman selaku perwakilan konsorsium IDSDB, saat pengumuman lomba, Sabtu (15/10), mengemukakan bahwa karya para pewarta foto ini diharapkan dapat memberi gambaran kepada publik dan para pemangku kepentingan yang terkait mengenai pentingnya kebijakan perekonomian daerah yang sejalan dengan perhatian terhadap kelestarian lingkungan dan prinsip-prinsip keberlanjutan sosial, ekonomi dan tata kelola secara integral dalam kerangka pembangunan inklusif.

“Jika dilihat, karya foto rekan-rekan jurnalis ini membawa pesan yang begitu dalam menangkap konteks program ini. Terutama bagaimana foto-foto itu membawakan pesan kepada publik bahwa keberlanjutan itu penting dalam meningkatkan daya saing daerah,” ujar Herman.

Baca juga : Gelar Gernas BBI Di Sumbar, OJK Genjot Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Sekjen Pewarta Foto Indonesia Hendra Eka menyampaikan, terdapat 328 karya foto hasil 68 jurnalis foto dari berbagai wilayah Indonesia. Karya foto merekam beragam aktivitas yang terkait dengan pilar keberlanjutan seperti penggunaan energi ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, pemanfaatan hasil hutan non-kayu sebagai sumber ekonomi masyarakat setempat, penerapan ekonomi sirkuler dengan pengelolaan sampah, upaya masyarakat adat menjaga hutan, hingga praktik pertanian yang ramah lingkungan.

Melalui kurasi oleh juri, yang terdiri atas perwakilan PFI Achmad Ibrahim, Sofyan Wahyudi, dan Herman Suparman dari Konsorsium IDSDB, terpilih tiga juara utama. Juara I Arnas Padda, pewarta foto Antara Biro Makassar dengan judul foto Energi Ramah Lingkungan. Juara II Andri Denisah, pewarta foto freelance dengan judul foto Ternak Foto Trigona. Juara III Arie Basuki, pewarta foto Merdeka.com dengan judul foto Berkebun di Bromo.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.