Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Billy Mambrasar: Komitmen Jokowi Bangun Papua Sangat Kuat

Rabu, 7 September 2022 20:35 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua (31/8). (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua (31/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua (31/8).

Selain PFA yang telah diresmikan, Presiden Jokowi juga telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Papua Youth Creative Hub, sebuah pusat kreativitas bagi anak-anak muda Papua tepatnya Oktober tahun lalu.

Komitmen pembangunan pemerintah Jokowi di tanah Cenderawasih diamini oleh tokoh milenial asal Papua yang juga menjadi Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Menurutnya, Presiden Jokowi memiliki komitmen kuat untuk membangun sumber daya manusia Papua dan Papua Barat unggul. Dia membeberkan pernyataan pertama yang disampaikan Presiden Jokowi kepadanya saat rapat staf khusus di Istana mengenai optimisme Presiden Jokowi berkenaan Indonesia menjadi negara maju.

"Mas Billy, saya yakin Indonesia akan maju pesat, karena saya melihat Generasi Muda Papua, sebagai bagian terujung dari Negeri Ini, sudah maju, berkembang dan melakukan banyak sekali inovasi, dan mereka pasti bisa mendorong percepatan negara kita, saya optimistis," ujarnya menirukan kata-kata Presiden Jokowi Selasa, (7/9).

Baca juga : Boy Rafli Minta IKM Konsisten Gaungkan Perdamaian

Billy menegaskan, Presiden Jokowi memiliki komitmen kuat membangun Papua tidak hanya dari aspek infrastruktur, tapi juga jauh lebih penting adalah membangun manusia Papua.

PFA dan Papua Youth Creative Hub menjadi salah satu upaya membangun sarana mengelola melahirkan sumber daya manusia Papua dan Papua Barat hebat.

"Pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda/pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan SDM maupun produk-produk lokal Papua," terangnya.

Billy menjelaskan, PFA dan Papua Youth Creative Hub adalah wadah melahirkan bibit-bibit unggul Papua di bidang sains, seni budaya, maupun di bidang olahraga.

"Pak Jokowi menyampaikan dalam sambutannya bahwa menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub," sambungnya.

Baca juga : Jokowi: Nanti, Yang Untung Besar Itu Saumlaki Tanimbar

Berdasarkan keterangan Billy, setidaknya sebanyak 4.577 anak muda asli Papua, yang telah bergabung menjadi anggota Papua Youth Creative Hub, telah dilatih untuk mendorong percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

"Progress pembangunannya juga telah mencapai diatas 60 persen dan anak-anak muda Papua berharap agar di akhir tahun ini, Presiden dapat meresmikan gedungnya," katanya penuh harap.

Billy menilai, sederet perubahan signifikan terjadi di Papua, seperti akselerasi infrastruktur, pembangunan jembatan Youtefa di Jayapura yang megah, jalan trans Papua yang tersambung begitu cepat, hingga penyelenggaraan PON XX, penyelenggaraan Peparnas 2021.

Selain itu, terdapat beberapa program percepatan pembangunan berbasis anak-anak muda Papua dan Papua Barat.

"Pelatihan petani muda Papua dan Papua Barat dalam program Petani milenial bersama Kementerian Pertanian RI, Program pendataan Talenta muda Papua melalui program: Manajemen Talenta Papua, dan Pembangunan pusat-pusat belajar nonformal di berbagai titik-titik di Papua dan Papua Barat, dengan total 96,000 anak muda Papua yang telah dijangkau melalui program-program ini. Beberapa program itulah yang menjadi perintah Presiden kepada saya," sambungnya.

Baca juga : Jokowi Dorong UMKM Asal Papua Naik Kelas

Atas dasar kebijakan dan program pemerintah Jokowi, Billy meyakini hal tersebut dapat membawa Papua dan Papua Barat menjadi hebat.

"Pak Jokowi berpesan bahwa tugas membangun Papua bukan hanya pekerjaan satu atau dua orang. Kita semua masing-masing memiliki peranan yang sama pentingnya. Caranya jangan pernah berhenti berkarya, lakukan apa saja untuk mendapat pendidikan yang baik dan optimis bahwa bukan hanya: Torang Bisa!. Tetapi juga: Torang Hebat," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.