Dewan Pers

Dark/Light Mode

Himpunan Santri Bangkalan Dukung Ganjar Presiden 2024

Senin, 17 Oktober 2022 11:10 WIB
Himpunan Santri Nusantara (HISNU) di Bangkalan, Jawa Timur menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024. (Foto: Istimewa)
Himpunan Santri Nusantara (HISNU) di Bangkalan, Jawa Timur menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi presiden 2024 semakin menguat di sejumlah daerah di tanah air. Salah satunya hadir dari Himpunan Santri Nusantara (HISNU) di Bangkalan, Jawa Timur. Sedikitnya 1000 santri di Bangkalan menyatakan dukungannya terhadap pria Ganjar untuk bisa menimpa Indonesia. 

Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusuf Hidayat mengatakan, pembacaan ikrar dukungan tersebut dilakukan para santri dan kiayi di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hidayah An-Nawawiyah, di Desa Dabung, Kecamatan Geger pada Minggu (16/10). Kegiatan ini juga berbarengan dengan dirayakannya Maulid Nabi 1444 Hijriah. 

Selain menggelar konsolidasi dukungan terhadap Ganjar, para santri juga turut menggelar doa bersama untuk bangsa Indonesia, agar diberikan kedamaian dan kesejahteraan dengan hadirnya pemimpin yang tepat. Doa dipimpin oleh 100 kiayi dari berbagai daerah di Kabupaten Bangkalan. 

Berita Terkait : Puluhan Warga Grogol Dukung Program Petik Masak Dari Relawan Ganjar Pranowo

"Insyaallah, jika memang Pak Ganjar adalah pemimpin yang tepat, dia pasti bisa maju menjadi presiden. Doa bersama ini kita juga barengi dengan salawat bersama para santri. Yaitu salawat Nariyah sebanyak 4444 kali yang dipimpin oleh salah satu kiayi di pesantren Nurul Hidayah An-Nawawiyah," ujar Yusuf. 

Yusuf menilai Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang berkualitas dan tepat untuk meningkatkan Indonesia di masa mendatang. Besarnya dukungan dari para santri, disebutnya merupakan hal yang wajar. Sebab, Ganjar memang dikenal dengan para para santri di Jawa Tengah. 

"Pak Ganjar itu sangat open terhadap santri. Mau dia datang ke pesantren-pesantren. Melihat langsung para santri. Enggak ada jarak. Di sosmed bisa kita lihat dia sering bercanda-bercanda dengan para santri. Kedekatan seperti ini yang buat para santri mendukung Pak Ganjar," ucapnya. 

Berita Terkait : Sopir Bajaj Dan Emak-emak Kompak Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Sebagai bentuk dukungan HISNU, dilakukan penyerahan pataka perjuangan dukungan para santri untuk Ganjar, terhadap pengurus Ponpes Nurul Hidayah An-Nawawiyah. Yusuf berkomitmen bahwa Himpunan Santri Nusantara di daerah lain juga akan mengkonsolidasikan dukungan mereka untuk Ganjar. 

"Tidak hanya kita mengumpulkan dukungan para santri di Bangkalan. Tapi kita juga memberikan sejumlah paket bantuan untuk para santri dan operasional pesantren. Ini adalah bentuk kepedulian kita ke pesantren-pesantren di Indonesia," kata Yusuf. 

Yusuf pun berharap Ganjar mampu membawa perubahan positif bila kelak memimpin Indonesia. Mulai dari penerapan program pemberdayaan santri di seluruh Indonesia, hingga insentif bantuan untuk pondok pesantren kecil di pelosok-pelosok daerah.