Dark/Light Mode

Deklarasi 10 November

Poros Gondangdia Bentuk Tim Kecil Godok Cawapres

Selasa, 25 Oktober 2022 08:00 WIB
CEO & Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo. (Foto: Facebook)
CEO & Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Willy pun mengakui, ketiga partai masih fokus menyatukan kesamaan pandangan dalam koalisi. Sementara soal cawa­pres, masih belakangan. “Kita prinsipnya koalisi lebih didahu­lukan terbangun dibandingkan dengan pembahasan cawapres,” ujarnya.

Soal cawapres, Willy menye­but, ketiganya masih menentu­kan kriteria dan mekanisme. Dia mengklaim, baik PKS maupun Demokrat terbuka soal latar belakang cawapres. Bisa dari partai, maupun non partai.

Baca juga : Liga 1 Dimulai November, PSSI Bentuk Satgas Transformasi Sepakbola

Dikatakan, komunikasi koalisi akan dilakukan melalui tim kecil ini, dan mereka sudah bertemu dua hari lalu. Materi pemba­hasannya terkait platform koalisi dan strategi pemenangan koalisi. Selain itu, disepakati pula setiap partai berhak mengajukan nama-nama baik nama dari internal partai maupun eksternal yang bukan anggota partai.

“Intinya pasangan yang juga membawa semangat perubahan, mendapat dukungan publik, dan menambah peluang kemenangan di Pilpres 2024,” tandasnya.

Baca juga : Poros Gondangdia Repot Bagi-bagi ‘Kue’ Kekuasaan

Sementara itu, Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra memastikan Poros Gondangdia dalam kondisi baik-baik saja. “Semakin intim. Banyak hal yang dibahas dan semakin mengerucut termasuk dalam menentukan momentum deklarasi,” ujarnya.

Selain itu tiga parpol itu juga membicarakan narasi besar per­juangan, mengalkukasi strategi dan kans kemenangan bersa­ma, sekaligus langkah-langkah mitigasi alias mengurangi resiko.

Baca juga : Anies Capresnya Poros Gondangdia

Semua strategi politik itu, katanya, dilandasi dengan tiga semangat mutual atau usaha bersama dengan tiga poin utama. Yaitu, saling menghormati, per­caya, dan mendukung. Untuk itu, setiap partai saling menghormati mekanisme di internal masing-masing partai. ■FAQ/BSH

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.