Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siapkan Deklarasi Capres

Gerindra Belum Bahas Calon Untuk Pilkada

Kamis, 30 Juni 2022 07:45 WIB
Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Antara)
Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya fokus konsolidasi internal dan mempersiapan deklarasi calon presiden (capres). Karenanya, partai berlambang Kepala Burung Garuda itu belum membahas calon-calon yang akan diusung pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Soal Pilkada, kami belum bicara. Saat ini, Partai Gerindra sedang sibuk konsolidasi internal. Sementara, kami belum monitor tentang calon yang ingin diusung Partai Gerindra. Numun, kami menyambut baik dan tentu ada mekanisme di partai,” kata Dasco, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.

Hal itu ia sampaikan Dasco saat ditanya perihal rencana Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, yang dikabarkan akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Pilkada mendatang.

Baca juga : Prabowo Diledek Tifatul

Melanjutkan keterangannya, Dasco mengatakan, penentuan tentang calon kepala daerah yang akan diusung Partai Gerindra pada Pilkada, akan dibahas setelah deklarasi capres. Namun begitu, dirinya menyambut baik jika ada sosok yang berniat maju di Pilkada 2024.

“Setelah itu, kami membahas tentang Pilkada, yang waktu pelaksanaan atau tahunnya berbarengan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres),” jelas Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan itu.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dikabarkan akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024. Namun, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, membantah kabar tersebut, karena dirinya tengah fokus untuk menyelesaikan tugas sebagai Ketua Umum PSSI. “Belum lah, belum saatnya. Saya lagi ngurus bola,” tegas dia.

Baca juga : Sukidi: Polarisasi Harus Segera Dituntaskan!

Soal Pilkada Jawa Barat, lanjut dia, dirinya melihat banyak politikus muda yang memiliki peluang untuk maju. “Ada yang lebih muda, banyak. Ada Arya Bima, Dede Yusuf. Saya belum kepikiran. Masih fokus bola,” jelas dia.

Namun begitu, ia mengakui, banyak pihak yang mendorongnya maju sebagai calon Gubernur Jabar, ketika berada di Bandung, Jabar. Bahkan, ungkap dia, mereka siap membantunya dalam kontestasi tersebut.

“Mereka kan ribut, saya tahu, kalau ke Bandung ribut. Kang Iwan cocok karena pernah jadi Penjabat (Pj) gubernur, kapolda. Kalau dibilang cocok, ya bisa-bisa saja orang ngomong. Tapi, banyak yang lain. Saya masih fokus di bola,” pungkas mantan Kapolda Metro Jaya ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.