Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Pungli, RSUD Pemalang Gandeng Pengelola Parkir Profesional

Rabu, 2 November 2022 18:50 WIB
RSUD Pemalang. (Foto: Ist)
RSUD Pemalang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemalang berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi layanan terhadap pasien. Salah satunya dengan mencegah terjadinya praktik pungutan liar (Pungli) di sektor parkir pengunjung.

Direktur RSUD Pemalang Aris Munandar menyampaikan, sejatinya pengunjung RSUD dibebaskan dari beban parkir alias gratis sebelumnya. Namun situasi tersebut dimanfaatkan oknum tertentu untuk meraup keuntungan. Kini dan kedepan pengelolaan parkir akan dikelola swasta dengan skema kerjasama. Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan pembenahan layanan, sekaligus mengoptimalkan pendapatan. 

Baca juga : Sikat Penyalahgunaan Subsidi, Pertamina Gandeng Polda Jabar

“Memang betul sebelumnya, parkiran gratis. Namun demikian, karena ternyata dalam praktiknya masih ditarik sejumlah uang yang itu adalah sebuah pungli, maka saya putuskan untuk merubah skema yang ada,” ujarnya, Rabu (2/11).

Dibebaskannya tarif parkir bagi seluruh pengunjung RSUD, dikatakan Aris sudah diterapkan sejak tiga tahun lalu. Mengingat terjadinya praktik Pungli, maka mulai tanggal 22 Oktober yang lalu parkir pengunjung ditetapkan berbayar dengan tarif yang telah ditentukan.

Baca juga : Jasa Investigasi, Peluang Baru Profesi Akuntan Publik

“Untuk tempat parkir akan kami kelola kepada pihak ketiga. Tentu kami juga tetap mengakomodir tenaga atau juru parkir yang sudah ada. Dengan dikelola pihak profesional kami justru mendapat keuntungan dari bagi hasil pendapatan perparkiran,” ungkap Aris.

Pengelolaan tempat parkir oleh pihak swasta di RSUD, telah terlebih dulu diadopsi di beberapa RSUD yang lain, diantaranya, RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan, RSUD Suradadi dan RSUD Slawi Kabupaten Tegal.

Baca juga : Permata Ummat Janjikan Jaring Pemilih Potensial

Penetapan tarif parkir berbayar, juga sebagai bentuk merealisasikan nota dinas Bupati Pemalang. Bahkan ada 2 (dua) nota dinas yang terbit, pertama, tahun 2020 dan kedua, tahun 2022.

RSUD Pemalang sendiri berstatus BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). BLUD adalah sebuah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibitas dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.