Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pecahkan Rekor Muri

Srikandi Hanura Ikut Parade Nusantara BNPT

Minggu, 6 November 2022 19:59 WIB
Srikandi Hanura bersama puluhan ribu peserta lainnya mengikuti Parade Nusantara BNPT di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (6/11). (Foto: Istimewa)
Srikandi Hanura bersama puluhan ribu peserta lainnya mengikuti Parade Nusantara BNPT di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (6/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus dan anggota organisasi sayap Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Srikandi Hanura bersama puluhan ribu peserta lainnya mengikuti Parade Nusantara di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (6/11).

Kegiatan diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai pemrakarsa parade budaya Nusantara, oleh komunitas terbanyak di seluruh Indonesia.

Puluhan ribu peserta itu berasal dari 77 kementerian dan lembaga, 17 perusahaan di bawah Kementerian BUMN, dan 125 komunitas. Adapun rute parade yakni Sarinah-Bundaran HI-Sarinah.

Baca juga : Uji Coba, Macan Kemayoran Hajar Rans Nusantara 2-0

Ketua Umum Srikandi Hanura, Tari Siwi Utami mengatakan, untuk mengikuti kegiatan ini, pihaknya melakukan persiapan selama tiga minggu.

"Semangat ibu-ibu komunitas luar biasa, sehingga semuanya bersatu untuk kegiatan pada hari ini," katanya saat diwawancara di kawasan Sarinah, Minggu (6/11).

Tari menjelaskan, pihaknya mengikuti kegiatan ini karena Srikandi Hanura ingin menjaga nilai-nilai nasionalisme di tengah masyarakat.

Baca juga : Presiden Tegaskan Kedudukan Pancasila Sebagai Paradigma IPTEK

"Jadi seluruh anggota Srikandi Hanura harus mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi," ujarnya.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan karena dapat memperkuat budaya Indonesia. Dia yakin, parade ini mempersempit ruang gerak ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Lebih lanjut, kata Boy, kegiatan ini membuktikan bahwa simbol daerah dari Sabang sampai Merauke ini merupakan satu kesatuan.

Baca juga : PLN Pastikan Pasokan Listrik Handal Saat Penyelenggaraan G20

Untuk itu, ia mewanti-wanti orang-orang tidak bertanggung jawab yang intoleran tidak mencoba merusak kebudayaan Indonesia.

"Kepada pihak-pihak lain yang mencoba melakukan transbudaya, yang tidak berkepribadian Indonesia untuk tidak mempengaruhi. Apalagi anak bangsa kita dengan hal-hal yang buruk," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.