Dark/Light Mode

Relawan Flashmob Hip-Hip Hura Reuni Jaga Persatuan Dan Kesatuan

Senin, 7 November 2022 20:04 WIB
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menghadiri Relawan Flashmob di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu (6/11). (Foto: Istimewa)
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menghadiri Relawan Flashmob di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu (6/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu momen unik pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 silam, terdapat kegiatan Flashmob yang digagas oleh mendiang Sys NS di Town Square Cilandak (Citos). Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan lagu Hip-Hip Hura yang pernah dipopulerkan oleh mendiang Chrisye.

Merujuk pada manfaat positif dan kesuksesan dari acara flashmob tersebut, acara ini diselenggarakan kembali sebagai Reuni Relawan dan Kawan Flashmob Hip-Hip Hura.

Tujuan utama acara ini adalah sebagai ajang konsolidasi para relawan politik untuk menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia, apalagi menjelang tahun politik yang semakin dekat.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, diikuti pernyataan Ikrar Bersama Menjaga NKRI yang dibacakan oleh perwakilan 4 organisasi relawan politik, yaitu Gerakan Wadyabala Jokowi, Demi Anak Generasi, Team Manguni 86, dan Aksi Baja.

Baca juga : Muzani Puji Komitmen NU Jaga Persatuan Bangsa

Ikrar tersebut pada prinsipnya berisi pernyataan bahwa semua individu yang merupakan bagian dari organisasi relawan politik tersebut berjanji tidak akan terprovokasi untuk memecah belah bangsa dan negara Indonesia.

"Empat perwakilan organisasi relawan berikrar menjaga NKRI dengan menolak segala macam politik identitas dan berbagai bentuk polarisasi, selalu menghormati perbedaan namun ke depan berupaya menyatukan pandangan mengenai pemimpin Indonesia mendatang," ungkap Ketua Panitia, Maya Nindya di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu (6/11).

Di samping pertunjukan flashmob sebagai puncak acara, pada acara yang dihadiri oleh seribuan partisan itu juga ada sesi penghormatan (tribute) bagi para relawan dan aktivis yang telah tiada.

"Kami mengenang jasa-jasa semua kawan seperjuangan kami yang telah wafat, termasuk almarhum Sys NS yang telah mencetuskan acara ini berdasarkan visinya agar kontestasi politik tetap diikuti dengan cara-cara yang damai dan positif," ujar Maya Nindya.

Baca juga : Kepala BNPT: Persaudaraan Sejati Kunci Terciptanya Persatuan Dan Kesatuan

Acara ini dimeriahkan juga oleh para artis dan seniman ibukota. Antara lain Iis Dahlia, Iyut Bing Slamet, Jelly Tobing, Ronny Waluya, Ida Arimurti, serta sejumlah influencers terkemuka seperti Mazdjo Pray, Ade Armando, Habib Kribo, Rudi S. Kamri, dan lain-lain.

Beberapa tokoh politik pun hadir, diantaranya Politisi PDIP yang merupakan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, dan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Diaz Hendropriyono.

Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok menekankan pentingnya mensyukuri iklim politik saat ini. Selain berterima kasih atas kesempatan untuk bisa hadir di acara tersebut, Ahok sempat menyebut nama Sys NS, Jack Lapian, dan Brigaldo Sinaga yang lima tahun lalu masih bisa berkumpul bersama, namun kini sudah berpulang ke surga.

"Saya belajar banyak kemarin di tahanan. Seandainya waktu itu kita menang, hari ini belum tentu kita berbahagia di sini sekarang," tuturnya.

Baca juga : Menpora Ajak Pelajar Jaga Persatuan Dan Kesatuan

"Saya 2016 sudah divonis pasang ring jantung tapi bulan lalu saya cek kembali sudah bersih. Itu berkat saya ditahan di Mako Brimob, ada enam dokter terbaik dunia di sana. Jadi punya waktu dan teman. Ada banyak hal yang kita beruntung. Intinya kita bersyukur kita bisa berkumpul di sini bersama," ujar Ahok. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.