Dark/Light Mode

Gelar Pekan TJSL 2022

PT Dahana Berkomitmen Jaga Kebersihan Lingkungan Subang

Sabtu, 22 Oktober 2022 14:45 WIB
Bupati Subang, Haji Ruhimat (Kang Jimat) saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Inovasi Pengelolaan Sampah pada acara Puncak Apresiasi Pekan TJSL Dahana 2022 di Auditorium Kampus DAHANA, Subang, Jumat (21/10). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Bupati Subang, Haji Ruhimat (Kang Jimat) saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Inovasi Pengelolaan Sampah pada acara Puncak Apresiasi Pekan TJSL Dahana 2022 di Auditorium Kampus DAHANA, Subang, Jumat (21/10). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dahana (Persero) kembali menyatakan komitmennya untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kebersihan Kota Subang. Salah satunya, lewat penyelenggaraan lomba Inovasi Pengelolaan Sampah yang hasil pemenangnya diumumkan pada acara Puncak Apresiasi Pekan TJSL Dahana 2022 di Auditorium Kampus DAHANA, Subang, Jumat (21/10).

Dalam sambutannya, Direktur Utama Dahana, Wildan Widarman mengatakan. Kegiatan Pekan TJSL Dahana yang dahulu bernama Pekan CSR Dahana, merupakan wujud komitmen perusahaan untuk tumbuh dan peduli terhadap lingkungan sekitar perusahaan.

“Pada kesempatan ini juga, izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah bekerjasama dengan baik selama ini, khususnya Bapak Bupati beserta jajarannya. Semoga kerja sama yang baik ini dapat semakin erat untuk kemajuan bersama,” kata Wildan.

Wildan lalu menjelaskan, ada sejumlah bidang yang menjadi fokus PT Dahana pada perhelatan TJSL ada tahun 2022. Yakni bidang pendidikan, lingkungan, dan pengembangan Usaha Menengah Kecil (UMK).

Baca juga : Hari Santri 2022, Ini Komitmen Pemerintah Bantu Ponpes

"Di bidang pendidikan kami telah memberi bantuan berupa meja dan bangku ke sekolah-sekolah yang membutuhkan di Kabupaten Subang. Kami juga mengadakan berbagai perlombaan pendidikan yang mengikutsertakan anak-anak usia dini," bebernya. 

Untuk bidang lingkungan, Dahana turut aktif melakukan penghijauan lahan kritis, membangun kampung bersih, pemberian pohon beserta alat pemeliharaannya.

Serta, di bidang pengembangan UMK, pihaknya terlibat dalam memberikan bantuan permodalan, fasilitas usaha, packaging, hingga bantuan pendampingan sertifikasi halal.

"Dahana juga berkomitmen menjalankan TJSL dengan prinsip Creating Shared Value (CSV), yang memasukkan aspek sosial ke dalam bisnis perusahaan melalui kegiatan pemanfaatan sampah organik perusahaan untuk pupuk kompos, dan menyerap produk-produk mitra binaan untuk kebutuhan kantor maupun kegiatan-kegiatan TJSL perusahaan," paparnya.

Baca juga : 61 Saksi Akan Dihadirkan Ke Persidangan Pembunuhan Brigadir J

Di kesempatan itu, Wildan juga mengungkapkan. Hingga saat ini ada sekitar 349 UMKM yang menjadi mitra binaan PT Dahana, sebagai bagian untuk mempersiapkan Subang sebagai kota baru yang bersih.

"Sejak awal kepindahan ke Subang, Dahana telah menetapkan diri untuk berpihak kepada lingkungan. Karena itu, program TJSL ini diharapkan dapat meningkatkan fasilitas hidup maupun perbaikan ekonomi masyarakat sekitar,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Subang, Haji Ruhimat (Kang Jimat) mengapresiasi kinerja TJSL Dahana yang selama ini banyak mendukung pemerintahan Subang melalui program-program inovatif di bidang pendidikan, lingkungan, dan pengembangan UMK.

Dia berharap, langkah Dahana dapat diikuti oleh entitas perusahaan lain yang ada di wilayahnya.

Baca juga : Polri Dan Majelis Adat Dayak Nasional Sinergi Berkomitmen Kawal Pembangunan IKN

“Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-56, Semoga Dahana semakin sukses, dan saya percaya Dahana semakin maju dipimpin oleh para direksi ini. Semoga kegiatan ini menjadi pelopor pembangunan yang positif, ini akan mendukung Subang untuk hari esok, seperti lomba inovasi pengelolaan sampah. Dahana melalui program CSR mewujudkan UMK lebih tangguh dan mandiri, saya berharap program Dahana ini dapat menjadi contoh bagi BUMN lain atau BUMD, untuk mewujudkan Subang Jawara,” ujar Kang Jimat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.