Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Putin Dan Zelensky Dipastikan Tidak Hadir

Biden Tamu Paling Ribet

Jumat, 11 November 2022 06:50 WIB
Presiden AS Joe Biden. (AFP/JIM WATSON via AP)
Presiden AS Joe Biden. (AFP/JIM WATSON via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dipastikan tidak akan hadir dalam pertemuan KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022. Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping dipastikan akan hadir. Bedanya, sebelum tiba di Pulau Dewata, Biden banyak syaratnya. Jadi lah dia tamu paling ribet.

Soal ketidakhadiran Putin dan Zelensky dipastikan Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20, Luhut Binsar Pandjaitan di Padma Hotel Resort, Bali, kemarin.

“Putin ngirim Menlunya (Sergey Lavrov),” kata Luhut.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Perawatan Wanita, Skin.guru Hadirkan Brightening Factor Series

Sebagai tuan rumah, Indonesia menghormati apapun keputusan Putin. “Kita berharap, karena komunikasi bagus, bisa menurunkan tensi Ukraina dengan Rusia,” imbuh Luhut.

Sementara Zelensky tidak hadir ke KTT G20 karena mempunyai kesibukan di dalam negeri. Luhut pun mengajak agar menghormati keputusan tersebut.

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta juga mengamini ketidakhadiran Putin. “Saya bisa mengonfirmasi bahwa Ketua Delegasi Rusia yang bakal hadir di pertemuan G20 adalah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov,” ucap Juru Bicara Kedubes Rusia, di Jakarta Alexander Tumayakin.

Baca juga : Pelayanan SIM Keliling Kota Depok, Hadir Di Dua Lokasi

Lalu, apakah Putin benar-benar tidak akan berpartisipasi dalam KTT G20? Ternyata tidak juga. Kepala Protokol Kedubes Rusia, Yulia Tomskaya mengatakan, ada kemungkinan Putin hadir secara daring. “Agenda Presiden Putin masih dibicarakan. Dia mungkin berpartisipasi secara virtual,” ujarnya seperti dikutip AFP.

Beda dengan Putin dan Zelensky, 17 kepala negara terkonfirmasi akan menghadiri puncak KTT G20. Ke-17 kepala negara itu, antara lain Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. Lalu, ada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Khusus Biden, kepastian kehadirannya itu bisa dilihat dari tim advance-nya yang sudah sampai di Bali. Hanya saja, pihak Biden banyak mintanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.