Dewan Pers

Dark/Light Mode

Topi Di Balik Ke Belakang

Pak Bas Jadi Fotografer

Kamis, 17 November 2022 06:40 WIB
Sambil nenteng kamera, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat penanaman mangrove, di Taman Hutan Raya, Ngurah Rai, Denpasar, Bali, kemarin.
Sambil nenteng kamera, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat penanaman mangrove, di Taman Hutan Raya, Ngurah Rai, Denpasar, Bali, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sungguh multi talenta. Selain pintar membangun infrastruktur, pria yang akrab disapa Pak Bas ini juga jago motret. Kebolehannya dalam memotret ditunjukkan Basuki saat kegiatan menanam mangrove para pimpinan negara G20 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali, kemarin. Aksi Pak Bas ini mengundang decak kagum warganet.

Di acara ini, Pak Bas beraksi bagai fotografer sungguhan. Ia tidak risih berdesak-desakan dengan fotografer lain untuk mengabadikan momen tersebut.

Berita Terkait : Biden Umumkan Proyek Baru PGII, Solusi Joss Buat Negara Berkembang

Saat memotret, gaya Pak Bas cukup natural. Ia tampil dengan setelan kaos polo putih lengan pendek dipadu topi PU kesayangannya yang diputar ke belakang. Warnanya mulai kusam dimakan usia.

Selain natural, aksi fotografi Pak Bas juga cukup serius. Ia menenteng kamera DSLR dan lensa termos, yang ukurannya lumayan panjang. Sehingga terlihat begitu meyakinkan, bak fotografer kawakan. Sesekali ia berjalan mundur di tengah kerumunan, membidik kamera ke arah para kepala negara G20 yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Bali itu.

Berita Terkait : Piala Dunia, Timnas Belanda Mau Datangin Pekerja Migran

Hebatnya Pak Bas, sebagai pejabat negara, ia tak dihalau oleh Paspampres atau pengawal para kepala negara. Berbeda dengan fotografer lain, yang pada saat-saat tertentu keberadaan mereka dibatasi.

Dalam kondisi seperti itu, Pak Bas menang. Ia bisa dengan mudah menembus pengamanan dan mengabadikan momen-momen eksklusif dari jarak yang lebih dekat.

Berita Terkait : Melegakan, Tapi Harus Merata

Seperti saat Presiden Amerika Serikat Joe Biden sedang menaiki tangga karpet merah di salah satu bangunan dalam Taman Hutan Raya Bali. Jika fotografer lain di luar bangunan, spot Basuki lebih mantap, ia bisa mendapatkan angle foto dari dalam bangunan.
 Selanjutnya