Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terobos Hujan Dan Banjir, Mak Ganjar Gelar Baksos Untuk Korban Banjir Di Palangkaraya

Sabtu, 19 November 2022 13:52 WIB
Relawan Mak Ganjar melakukan bakti sosial kepada warga yang tertimpa musibah bencana alam banjir di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (19/11). (Foto: Ist)
Relawan Mak Ganjar melakukan bakti sosial kepada warga yang tertimpa musibah bencana alam banjir di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (19/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Mak Ganjar melakukan bakti sosial kepada warga yang tertimpa musibah bencana alam banjir di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dengan semangat gotong royong dan tekad untuk membantu sesama, puluhan relawan rela menerjang banjir disertai hujan yang saat itu masih menggenang dan mengguyur sejumlah wilayah di Palangkaraya.  

Mereka membagikan ratusan paket makanan, kaos Mak Ganjar dan membantu membersihkan rumah warga di sejumlah wilayah, diantaranya Kel. Palangkaraya, Kecamatan Jekan Raya dan Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya. 

"Meski hujan dan masih ada banjir, kami tetap semangat. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat," kata Korwil Mak Ganjar Kalteng, Lilis dalam keterangannya, Sabtu (19/11). 

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Bagikan Benih Padi Ke Kelompok Tani Di Kabupaten Sikka

Lilis mengatakan, paket nasi dibagikan secara langsung kepada warga. Warga menyambut baik dan antusias kegiatan sosial ini. Ia mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan membantu warga yang terkena musibah, terutama warga di Palangkaraya. 

"Warga menyampaikan kepada kami, berharap  kegiatan berbagi kebaikan bisa berkelanjutan dan tidak putus di sini saja," ujar Lilis. 

Lilis berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ia memohon doa dan dukungannya kepada semua pihak agar tujuan baik itu dapat terus terwujud. 

Selain itu, Lilis menuturkan gerak cepat tanggap dalam membantu sesama, terutama membantu korban bencana, telah dilakukan oleh Ganjar Pranowo. Hal itu juga yang mencoba diikuti oleh relawan Mak Ganjar. 

Baca juga : Heru Apresiasi Dukungan Jepang Dan Inggris Untuk Pengembangan MRT Jakarta

Bencana alam banjir di Palangkaraya ini, sebanyak 17 kelurahan di Kota Palangka Raya terendam banjir. Tercatat 1.733 rumah, 2.388 kepala keluarga dan 8.544 jiwa terdampak banjir. Pemkot menetapkan status tanggap darurat bencana banjir selama 14 hari

Ganjar Presiden 2024

Beberapa waktu sebelum musibah banjir, emak-emak di Kalteng telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk menjadi Presiden 2024. 

Lilis juga telah mensosialisasikan berbagai program Ganjar, diantaranya dalam hal bencana alam. Ganjar menganggarkan puluhan miliar dalam rangka pencegahan bencana dan memberikan bantuan bagi korban bencana.  

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumsel Gelar Doa Untuk Negeri

Ganjar juga menggulirkan gerakan Seribu Embung sejak 2015. Saat ini, sebanyak 1.135 embung telah dibangun di Jawa Tengah dan akan terus ditambah.

Embung sangat bermanfaat. Air yang ditampung dalam embung dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat musim kemarau, dan menyediakan sumber air baku untuk warga. Apalagi, sebagai salah satu lumbung pangan di tanah air, Jawa Tengah harus menjaga produktivitas pertaniannya. 

Sementara, saat musim hujan, embung berfungsi sebagai penampung air dan pengendali banjir.

Ganjar juga mengajak para pelajar untuk menjadi agen pencegahan bencana, melalui gerakan-gerakan cinta lingkungan yang diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.