Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Ucapkan Duka Cita Mendalam Untuk Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 13:16 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin siang (21/11). Berdasarkan data dari Pemkab Cianjur, sampai Senin malam, jumlah korban meninggal akibat musibah itu sebanyak 162 orang, yang mayoritas adalah anak-anak.

“Saya menyampaikan duka cita mendalam dan rasa keprihatinan terhadap jatuhnya korban akibat gempa tersebut. Kepada keluarga korban, kami berdoa diberikan kesabaran dalam menerima musibah ini,” ucap Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dalam keterangannya, Selasa (22/11).

Baca juga : Menko PMK Prioritaskan Cari Korban Hidup Tertimbun Longsoran Gempa Cianjur

Untuk Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Pemerintah Daerah/Pemda, Bamsoet meminta segera mendata kebutuhan warga melalui posko sehingga pemberian bantuan logistik dan medis kepada korban bencana gempa tersebut dapat terkoordinasi. Di samping itu, Pemerintah juga perlu memastikan tempat evakuasi dan posko pengungsian merupakan tempat yang aman dan menjamin ketersediaan logistik hingga kebutuhan kesehatan, seperti obat-obatan, makanan, pakaian, tenaga medis, dan lainnya terpenuhi.

Untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bamsoet meminta melakukan penghitungan kerugian, baik material maupun immaterial, agar dapat segera dianggarkan biaya untuk pembangunan kembali rumah-rumah penduduk, fasilitas umum, dan bangunan lain yang telah hancur akibat gempa, dan memastikan lokasi pembangunan tersebut sesuai dengan geografi kondisi daerah Cianjur. 

Baca juga : Ganjar Salurkan Bantuan Dan Kerahkan Tenaga Medis Untuk Korban Gempa Cianjur

Kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, Bamsoet meminta untuk tetap bersiaga dan menyampai informasi ataupun peringatan kepada masyarakat mengenai kondisi terkini dan potensi gempa susulan yang mungkin terjadi. “Juga memberikan arahan kepada masyarakat terkait hal-hal yang harus dilakukan guna melindungi dan memberikan pertolongan pertama pada diri sendiri dan orang-orang terdekat apabila terjadi bencana susulan,” ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.