Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PCNU Kukar: IKN Nusantara Perkuat Silaturahmi Bangsa

Selasa, 22 November 2022 17:30 WIB
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Askin Bahar. (Foto: Istimewa)
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Askin Bahar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Askin Bahar mengapresiasi langkah pemerintahan Presiden Jokowi terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Dia berharap, keberadaan IKN di Kaltim dapat memperkuat silaturahmi bangsa Indonesia di masa mendatang, baik itu antar umat beragama, antar suku bangsa maupun antar golongan. Mengingatkan, Kalimantan Timur merupakan rumah besar anak bangsa.

"Oleh sebab itu, selaku warga Nahdliyin berpesan bahwa siapapun Presiden yang bakal terpilih di tahun 2024, IKN Nusantara tetap dilanjutkan dan diwujudkan pembangunannya," kata Askin kepada wartawan, Selasa (22/11).

Dia pun berpesan, bahwa sudah menjadi tugas kita semua masyarakat Indonesia untuk menjaga, merawat dan mengamankan rumah besar IKN Nusantara yang berwawasan Bhinneka Tunggal Ika.

Askin menyatakan dukungannya terhadap pembangunan IKN yang saat ini masih berlangsung di Kabupaten Paser Panajam Utara, Kalimantan Timur itu.

Baca juga : KSP Dorong Potensi Pertanian Guna Perkuat Sistem Pangan

"Insya Allah selaku tokoh agama dan Nahdliyin di Kaltim akan senantiasa berdo'a, agar pembangunan IKN lancar, aman, dan mendapatkan ridho-Nya, sehingga IKN Nusantara segera terwujud," ucapnya.

Dukungan itu diberikannya karena ia melihat, keberadaan IKN Nusantara di Kaltim akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia.

"Karena otomatis akan mempermudah komunikasi dan efisien birokrasi ke arah terciptanya silaturahmi hubungan antara warga negara Republik Indonesia yang lebih baik, dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya.

Tak hanya dari sisi komunikasi dan birokrasi, Askin juga mengungkap dampak positif lainnya dari keberadaan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Pertama yakni di bidang perekonomian, khususnya di Kawasan Kaltim dan Pulau Kalimantan.

"Pertumbuhan ekonomi di Kaltim dan Kalimantan akan meningkat secara signifikan, para investor nasional ataupun internasional mulai mencari peluang bisnis untuk masuk ke Kalimantan Timur," tuturnya.

Baca juga : Kesuksesan G20, Momentum Memperkuat Narasi Kebangsaan

Kemudian yang kedua, Askin melihat adanya potensi peningkatan taraf pendidikan di kawasan Kaltim dan Kalimantan dengan hadirnya IKN Nusantara. Karena semua pendidikan mulai dasar sampai pergururan tinggi tersedia di Ibu Kota Negara Nusantara.

"Dengan demikian maka akan terwujud generasi penerus bangsa yang handal dan mampu bertanggung jawab membangun Negara Indonesia. Baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur," tambahnya.

Lebih lanjut, Askin menyampaikan rasa syukurnya atas kondisi geografis di wilayah Kaltim yang sangat strategis. Kondisi itu tentu akan mempermudah akses menuju IKN Nusantara.

"Kita bersyukur sekali, kondisi geografis wilayah Kalimantan Timur yang strategis secara nasional, dimana letaknya di tengah-tengah diantara pulau-pulau yang ada di Indonesia sehingga baik dari arah timur, barat, selatan maupun utara, tidak akan kesulitan menuju IKN Nusantara," ungkap Askin.

Dia berharap dengan adanya pembangunan IKN ini, dapat mempercepat laju pembanguan infrastruktur di kawasan luar Jawa. Sehingga ke depan tak ada lagi ketimpangan pembangunan antara Jawa dan Luar Jawa.

Baca juga : Berdikari Genjot Kualitas SDM Perkuat Ketahanan Pangan

Terakhir, Askin mewakili warga Nahdliyin di kaltim kembali berpesan kepada Presiden terpilih nantinya, untuk tetap melanjutkan dan bahkan mempercepat pembanguanan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Siapa pun presidennya yang akan terpilih, kami atas nama warga Negara Republik Indonesia khususnya warga Nahdliyin di Kaltim, berpesan agar IKN Nusantara tetap dilanjutkannya dan dipercepat pembangunannya," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.