Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muspimnas PMII 2022 Dorong Mahbub Djunaidi Jadi Pahlawan Nasional 

Rabu, 23 November 2022 16:56 WIB
Muspimnas PMII 2022 yang diselenggarakan di Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (22/11). (Foto: Istimewa)
Muspimnas PMII 2022 yang diselenggarakan di Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (22/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Tulungagung, Jawa Timur menghasilkan keputusan untuk mendorong Mahbub Djunaidi sebagai Pahlawan Nasional.

Mahbub Djunaidi adalah seorang sastrawan Indonesia sekaligus sebagai Ketua Umum PMII pertama. Ia dikenal memiliki ragam profesi lainnya, seperti tokoh pers, politisi, dan agamawan.

Karena kepiawaiannya dalam menulis, Mahbub Djunaidi dijuluki sebagai Pendekar Pena, yang sukses membuat Bung Karno, presiden Pertama Indonesia terkesan. Kiprah semasa hidupnya dalam membangun Nahdlatul Ulama pun sudah tak diragukan.

Baca juga : Hery Haryanto: Nonmuslim Mestinya Bukan Halangan Jadi Pemimpin Nasional

Dia sempat menjabat sebagai Wakil Sekjen Nahdlatul Ulama, Wakil Ketua I PBNU periode 1970-1979 dan 1984-1989, serta mewakili NU menjadi anggota DPR-GR/MPRS kala itu. Ada banyak sekali kontribusi gagasan yang telah ia torehkan untuk NU dan bangsa.

Pada sidang-sidang Muspimnas PMII yang diselenggarakan Selasa (22/11) lalu, kader PMII menyepakati secara bersama untuk menuliskan sejarah Mahbub Djunaidi dan mendorongnya  sebagai Pahlawan Nasional.

"Sejarah pendiri Mahbub Djunaidi, harus dituliskan oleh kader PMII. Jangan biarkan orang lain menuliskan sejarah kita. Kader PMII adalah yang paling berhak menuliskan sejarah pendirinya," ungkap Hesty, kader PMII dari Bali.

Baca juga : BPIP Dorong TNI Polri Jadi Duta Penggerak Pancasila

Muspimnas PMII 2022 ini menjadi panggung bagi kader-kader PMII untuk menorehkan gagasannya guna membangun organisasi.

Gagasan untuk mendorong pendiri PMII Mahbub Djunaidi sebagai pahlawan nasional pun sebetulnya adalah gagasan yang telah lama diperbincangkan oleh kader-kader PMII di seluruh Indonesia dan pada gelaran Muspimnas PMII kali ini disepakati sebagai agenda nasional yang harus dikerjakan secara bersama.

Dengan kiprah dan kontribusi yang sudah dihasilkan oleh Mahbub Djunaidi semasa hidupnya untuk NU dan bangsa, sudah selayaknya Mahbub Djunaidi menjadi Pahlawan Nasional.

Baca juga : Kurang Sabar, Gregor Harus Puas Jadi Runner Up

"Muspimnas PMII 2022 di Tulungagung menjadi saksi bahwa kader-kader PMII di seluruh Indonesia bersepakat akan berjuang bersama mendorong Sahabat Mahbub Djunaidi sebagai pahlawan nasional," tandas Zikri, kader PMII dari Lumajang, Jawa Timur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.