Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Merasa Selalu Mesra Dengan Puan

Sabtu, 26 November 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua DPR Puan Maharani saat akan menghadiri Munas HIPMI, di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua DPR Puan Maharani saat akan menghadiri Munas HIPMI, di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan hubungannya dengan Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani baik-baik saja. Ganjar juga mengaku selalu mesra dengan Puan. Penegasan ini membantah isu yang berkembang Ganjar dan Puan merenggang karena urusan Pilpres.

Sudah sejak lama, hubungan Ganjar dan Puan dikabarkan tak akur. Sikap tak akur itu misalnya, terlihat saat Puan melakukan kunjungan ke Jawa Tengah. Saat Puan datang, Ganjar hampir selalu berada di tempat lain.

Penyebab ketidakharmonisan ini, antara lain sikap Ganjar yang dianggap terlalu ngebet untuk nyapres. Padahal, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang berwenang menunjuk capres dari PDIP belum menentukan sikap. Gara-gara ini, loyalis Puan seperti Bambang Pacul Wuryanto, tak segan nanduk Ganjar.

Baca juga : Nusantara Bersatu, Ribuan Relawan Jokowi Akan Penuhi GBK

Beberapa kasus yang muncul ke permukaan misalnya, Banteng versus Celeng, hingga Dewan Kolonel versus Dewan Kopral.

Nah, kabar ketidakharmonisan Ganjar dan Puan ini mulai mereda. Soalnya, beberapa waktu lalu, Puan yang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah terlihat akur saja dengan Ganjar. Sepekan terakhir, Puan dan Ganjar memang berada di acara yang sama. Pertemuan pertama saat keduanya menghadiri pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu 19 November 2022. Dua hari kemudian, Puan dan Ganjar berada di acara pembukaan Munas XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang juga digelar di Solo.

Kemesraan Puan dengan Ganjar ini terlihat saat Ganjar menyambut Puan di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Puan menyalami Ganjar. Mereka saling menyapa. Ganjar pun mengunggah foto saat menjemput Puan itu, di akun media sosialnya.Tak hanya di bandara, di acara Munas HIPMI pun, keduanya duduk dalam barisan yang sama.

Baca juga : Basuki Bahas Kerja Sama IKN Dengan Finlandia

Saat dimintai tanggapan soal kemesraan dengan Puan itu, Ganjar tersenyum lebar. Ganjar bilang, keakraban dengan Puan itu hal yang biasa. "Berarti kan sudah ketahuan, saya sama Mbak Puan nggak ada persoalan," ucap Ganjar, seusai membuka Munas Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) di Hotel Novotel Solo, kemarin.

Ganjar mengakui memang punya hubungan dekat dengan putri Megawati Soekarnoputri itu. Namun, Ganjar mengakui, jarang bertemu Puan. "Seperti yang disampaikan Mbak Puan kemarin, aku nggak apa-apa, mesra-mesra sama Mas Ganjar gitu, hanya jarang ketemu, lha emang jarang ketemu, kan gitu," katanya.

Pernyataan yang sama disampaikan Puan saat berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Solo di Loji Gandrung Solo, Senin lalu. Kala itu Puan juga mengaku sesama kader PDIP dekat dengan Ganjar. Namun, diakuinya, memang jarang bertemu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.