Dark/Light Mode

Menyelamatkan Diri Saat Gempa, Nih Caranya...

Selasa, 29 November 2022 09:05 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi merupakan jenis bencana yang bersifat merusak, dapat terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu sing­kat. Untuk itu, masyarakat harus tahu cara menyelamatkan diri saat gempa bumi.

Akun @indonesiabaik.id mengungkap langkah-langkah utama untuk menyela­matkan diri saat gempa bumi. Yaitu, tidak panik ketika terjadi gempa dan segera mencari tempat aman berlindung.

Setelah terjadi gempa, segera ke luar dengan tertib dan teratur, mencari lapangan terbuka, matikan listrik dan kompor serta berikan pertolongan pertama pada yang luka. Ketika gempa berpotensi tsunami, segera cari informasi akurat, lakukan evakuasi ke daerah aman dan hindari jalan rentan.

Baca juga : Pemerintah Kerahkan Dokter Bedah Tulang Bantu Korban Gempa Cianjur

Akun @mfajrul.anfal mengatakan, berlindung di kolong meja atau di sudut ruangan menjadi pilihan tepat saat gempa terjadi. Dia bilang, tulangan beton pada bangunan kemungkinan bisa melindungi dan menghindari tembok dan kaca.

Indonesia butuh banget pemahaman mitigasi bencana karena kita tinggal di area rawan,” ujar @helloastari.

Akun @helloastari mengatakan, pal­ing penting saat gempa terjadi, yakni tidak panik, buru-buru turun gedung. Tapi, berlindung di bawah meja/dekat kolom bangunan dan jauh dari kaca.

Baca juga : Muzani: Bantuan Gerindra Tersalurkan Sejak Hari Pertama Gempa Cianjur

“Setelah mereda dan dipastikan ng­gak ada susulan, baru evakuasi,” ujarnya.

Akun @MarjenRokcalva mengatakan, edukasi keluarga terdekat dan rekan kerja atau komunitas soal cara menghadapi gempa juga sangat penting. Selain itu, map­ping semua area aman dan tidak aman.

“Simulasikan dengan keluarga dan kantor/komunitas kalau situasi darurat ter­jadi. Asuransikan property, kendaraan cov­er gempa dan berdoa,” tuturnya.

Baca juga : TNI AD Temukan 14 Jenazah Dari Longsoran Gempa Cianjur

Akun @imyourwestt mengatakan, tanggap bencana bukan cuma mengandalkan bantuan Pemerintah saja, juga kesiapan diri. “Pas kejadian gempa Cianjur jadi waswas, karena diri sendiri belum dibekali tanggap darurat gempa,” ungkapnya.

Akun @LaNyallaMM1 mengatakan, mitigasi bencana gempa menjadi tugas penting Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan harus diikuti. Sebab, faktanya korban rata-rata tertimpa reruntuhan bangunan yang terkena gempa dan berimbas fatal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.