Dark/Light Mode

Menyelamatkan Diri Saat Gempa, Nih Caranya...

Selasa, 29 November 2022 09:05 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Salah satu solusi yang ditawarkan un­tuk mitigasi gempa adalah slot edukasi di sekolah. Tapi ini nggak cuma solusi untuk gempa: literally everything solusinya ada­lah edukasi: keuangan, entrepreneurship, budaya, agama, antikorupsi, semua harus diajarkan,” tutur @PNS_Ababil.

Akun @DaryonoBMKG mengatakan, gempa tidak membunuh dan melukai. Namun, bangunan roboh dan menimpa penghuni adalah penyebabnya. Untuk itu, solusi utama mitigasi gempa adalah mewujudkan bangunan tahan gempa (struktur kuat) atau bagunan ramah gempa (berbahan ringan).

Baca juga : Pemerintah Kerahkan Dokter Bedah Tulang Bantu Korban Gempa Cianjur

“Local wisdom di daerah yang rawan bencana seperti gempa/tsunami kayaknya sudah mulai pudar. Sangat disayangkan edukasi tentang mitigasi bencana belum merata, dan sifatnya masih insidentil. Coba jika mitigasi bencana masuk dalam kurikulum pendidikan dasar hingga me­nengah,” timpal @pithiQ.

Akun @Cenytha2 mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menerapkan mitigasi bencana di sekolah.

Baca juga : Muzani: Bantuan Gerindra Tersalurkan Sejak Hari Pertama Gempa Cianjur

Dia mengingatkan @BNPB_Indonesia bahwa negeri ini terletak di jalur ring of fire, yang akan selalu akrab dengan gempa, tsunami, gunung meletus. “Siap tidak siap mitigasi bencana mesti digerakkan, mulai sekarang,” katanya.

Akun @AryBandung mengatakan, bagi masyarakat yang mempunyai akses informasi bisa mulai bantu edukasi lingkungan terdekat jika ada gempa. Dia bilang, bahan edukasi di linimasa BMKG Sudah tersedia.

Baca juga : TNI AD Temukan 14 Jenazah Dari Longsoran Gempa Cianjur

“Antisipasinya di rumah/tempat kerja dengan menata yang mengurangi ba­haya. Menyediakan tas khusus darurat berisi dokumen dan P3K. Minimalnya,” tuturnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.